Inilah Dompet Digital Popular di Indonesia, Kamu Pakai yang Mana?

Dompet Digital atau dompet elektronik atau e-wallet merupakan fitur kekinian untuk memudahkan orang dalam melakukan beragam transaksi atau pembayaran. Fitur ini tentunya sangat membantu sekali dan terbilang aman karena kita tidak perlu lagi kemana-mana membawa segepok uang tunai lagi. Nah apa bedanya dompet digital ini dengan kartu ATM? Bukannya dengan kartu ATM kita sudah bisa melakukan pembayaran atau juga transfer tanpa membawa uang tunai?

Untuk memiliki kartu ATM tentunya kita harus lebih dahulu mempunyai rekening di bank yang bersangkutan baru bisa diterbitkan kartu ATM untuk berbagai keperluan tanpa harus ke teller bank. transaksi menggunakan kartu ATM/debit juga terbatas pemakaiannya pada mesin-mesin ATM yang ada, meskipun ada juga yang kemudian menggunakan aplikasi mobile banking.

Namun keadiran dompet digital ini lebih menawarkan kemudahan untuk memiliki dan menggunakannya. Oleh karena itu di era sekarang seringkali kita mendengar kata-kata non tunai atau cashless di sekitar kita. Hanya berbekal smartphone saja kita sudah bisa mengakomodir segala kebutuhan kita seperti membeli pulsa atau kuota data, membayar tagihan PLN, membayar tagihan BPJS, belanja online dan beberapa hal lainnya.

Berangkat dari situlah maka pengguna dompet digital semakin meningkat dan menjadikannya semakin populer di Indonesia, oleh karenanya banyak perusahaan startup yang mengembangkan bisnis berbasis pada transaksi secara online.

Dompet Digital Popular di Indonesia
Dompet Digital Popular di Indonesia


Poinnya, dompet digital ini ibaratnya dompet kita sendiri namun kita menyimpan isinya secara online. Sehingga banyak atau sedikit uang yang ada di dompet digital kita tergantung dari kita sendiri, mau diisi berapa juga tergantung pemilik dompet digital tersebut. Sistem dari dompet digital adalah mengharuskan para nasabah untuk menaruh sejumlah uang ke dalam akun yang nantinya saldo/uang tersebut bisa langsung digunakan untuk belanja di merchant yang sudah bekerjasama dengan pihak pengembang dompet digital.

Dompet Digital Popular di Indonesia

Jika ditilik dari jumlah pengguna dompet digital yang semakin meningkat tentu fitur ini mempunyai manfaat untuk banyak orang antara lain yaitu faktor keamanan dan kemudahan yang ditawarkan juga tersedianya banyak promo yang sangat menarik untuk dilewatkan. Dengan demikian pengguna akan merasakan pengalaman yang berbeda saat melakukan transaksi atau pembayaran secara online.

Saat ini mungkin kamu sudah menggunakan setidaknya satu dompet digital yang ada di Indonesia dan sudah merasakan nyaman bersamanya, atau malah sedang mencoba dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya karena merasakan belum cocok. Nah untuk memudahkan kamu menemukan aplikasi dompet digital yang cocok buat kamu, silahkan simak daftar dompet digital popular di Indonesia berikut ini :

1. GOPAY

GoPay merupakan salah satu e-wallet atau dompet digital Indonesia terpopuler yang mempunyai banyak pengguna aktif. Sebelum bernama GOPAY, aplikasi ini diperkenalkan dengan nama Go Wallet yang pada awalnya dikhususkan hanya untuk layanan dompet virtual dalam menyimpan GOJEK Credit dari para penggunanya. Namun dalam perkembangannya kini juga bisa digunakan untuk membayar transaksi-transaksi yang utamanya berkaitan dengan layanan di dalam aplikasi GOJEK seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoShop, GoSend, GoBox, GoLife dan masih banyak lagi. GOPAY juga bisa melakukan pembayaran rekan usaha baik secara online maupun offline.

Untuk bisa menggunakannya kamu harus melakukan top-up terlebih dahulu saldo GoPay milikmu. Saat ini cukup mudah kok untuk mengisi saldo GoPay ini seperti melalui mitra gojek, Mobile Banking, Internet Banking, Minimarket, Pegadaian, BCA One Klik, SMS Banking dan lainnya dengan tambahan biaya admin yang besarannya sesuai dengan kebijakan masing-masing pihak.

2. OVO

Selanjutnya dompet digital popular adalah OVO yang menawarkan kemudahan bertransaksi tanpa mengharuskan penggunanya membawa uang cash. Menariknya aplikasi OVO ini adalah pengguna bisa menggunakan OVO untuk bertransaksi di semua merchant yang bertanda OVO Accepted Here dan juga berkesempatan untuk mengumpulkan poin di setiap aktifitas transaksi menggunakan OVO. Jadi secara garis besarnya OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran pada merchant atau startup yang telah bekerjasama dengan OVO.

Transaksi menggunakan OVO bisa dilakukan untuk pembayaran secara online maupun offline di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan OVO, untuk pembelian pulsa, pembayaran di layanan Grab dan lainnya dengan menggunakan OVO Cash dan OVO Point. Bedanya OVO Cash dapat digunakan untuk pembayaran di merchant yang telah bekerja sama dengan OVO. Sedangkan OVO Point dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau juga dapat ditukarkan dengan penawaran menarik di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan OVO.

Nah untuk melakukan top-up saldo OVO bisa dilakukan dengan beragam cara yang antara lain melalui mitra Grab (tanpa ada biaya admin), Mobile Banking, Internet Banking, ATM dengan biaya admin sebesar Rp 1.000 dengan minimal top up Rp 20.000. Selain itu topup saldo OVO juga dapat dilakukan di Tokopedia dengan minimal transaksi Rp 50.000.

3. DANA

Aplikasi DANA di rilis pada tahun 2018 dan dengan perkembangan yang cukup cepat hadir menjadi dompet digital populer di Indonesia yang pastnya telah mengantongi izin dari pihak-pihak terkait seperti Bank Indonesia (BI) sebagai Lembaga Keuangan Digital (LKD), penggunaan e-money, dan penggunaan e-wallet.

Untuk mendaftar akun di aplikasi DANA sangatlah ceat dan singkat karena pada dasarnya aplikasi ini terhubung dengan pihak kependudukan dan pencatatan sipil. Dengan menggunakan aplikasi DANA banyak hal ang bisa kamu lakukan yang antara lain untuk berbagai macam pembayaran, mulai dari berbelanja di berbagai merchant atau marketplace, pembelian pulsa, pembayaran BPJS Kesehatanpembayaran tagihan, membeli voucher Google Play dan pembayaran transaksi online lainnya.

Untuk cara top-up juga tidak jauh beda dengan e-wallet sebelumnya yaitu bisa menggunakan Mobile Banking, Internet Banking, ATM, hingga minimarket. Minimal topup adalah Rp 10.000 dan maksimal topup adalah sebesar Rp 10.000.000.

4. LinkAja

Aplikasi dompet digital LinkAja adalah sebuah produk digital yang dihadirkan oleh Telkomsel yang sebelumnya bernama tCash dan merupakan gabungan dari produk Bank Mandiri yaitu e-cash. Dengan aplikasi ini pengguna bisa melakukan ragam transaksi seperti membeli pulsa/data, membayar merchant, membayar tagihan, mengirim donasi, mengirim uang dan bisa juga untuk membayar asuransi.

Cara top-up saldo LinkAja juga mudah dan tidak ribet karena bisa dilakkukan di ATM, Internet Banking, Mobile Banking, d minimarket, dan juga bisa melakukan topup di GraPARI. Oiya menggunakan aplikasi ini cukup dengan memiliki nomor telkomsel saja lho sehingga kamu tidak perlu harus mempunyai rekening bank manapun.

5. Jenius

Dompet digital populer di Indonesia selanjutnya adalah Jenius yang merupakan bagian dari PT Bank BTPN Tbk yang terdaftar/diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sedikit agak berbeda dari dompet digital lainnya, pengguna aplikasi Jenius ini dapat digunakan untuk menabung dan memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank.

Namun demikian Jenius tetap bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara online tanpa harus mempunyai kartu debit ataupu kartu kredit.

Nah diantara dompet digital populer di Indonesia yang telah dijabarkan di atas, manakah yang menjadi favorit kamu? Atau jangan-jangan malah menggunakan semuanya untuk berbagai urusan dan keperluan? Tidak masalah ya gaees yang penting bisa tetap mengontrolnya dan tidak sampai lupa password karena kebanakan akun disana-sini hehe.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel