Tips Memilih Mobil Bekas

Tips Memilih Mobil Bekas - Mobil merupakan alat transportasi yang dapat membawa lebih dari dua penumpang. Oleh karena mobil dinilai sangat efektif untuk mengangkut penumpang sesuai dengan tujuannya jika dibandingkan dengan kendaraan roda dua atau motor.

Berangkat dari hal tersebut tidaklah salah jika menjadi dambaan hampir setiap orang untuk bisa memiliki sebuah mobil idaman, terlebih bagi yang sudah berumahtangga dan sudah hadirnya anak-anak. Jadi semisal ingin jalan-jalan, berwisata atau keperluan lainnya, dengan adanya mobil maka mobilitas akan terasa lebih mudah dan murah.

Namun mahalnya harga mobil baru menjadikan keinginan tersebut tertunda untuk sementara sambil terus menabung agar bisa menebus mobil baru incaran. Jika tidak mensyaratkan harus membeli mobil baru, membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif untuk bisa segera memiliki mobil.

Mobil bekas tentu di mahar lebih murah daripada harga mobil baru, yang pastinya disesuaikan juga dengan kondisi mobil seperti kelengkapan, keadaan interior dan eksterior, history perawatannya dan lainnya. Untuk itu harus lebih teliti dalam membeli mobil bekas, agar uang yang dikeluarkan bisa sebanding dengan barang yang didapatkan. Bagaimana caranya?

Tips Membeli Mobil Bekas

Mobil murah namun dengan kondisi yang bagus, kira-kira kondisi demikian yang dicari semua orang ketika ingin membeli mobil bekas. Nah agar tidak boncos setelah membeli mobil bekas, sebaiknya lebih selektif lagi dalam memilihnya. Mungkin akan lebih enak jika kita sudah kenal lama atau akrab dengan pemilik mobil yang akan kita beli serta tahu bagaimana penanganan dan perawatan mobil tersebut selama ini. Namun bagaimana jika mobil incaran tersebut berasal dari bursa mobil bekas atau kita mengetahuiya dari iklan online?


Tips Memilih Mobil Bekas
Tips membeli mobil bekas. Pic: Pixabay

Tentu akan membutuhkan beberapa hal dalam menyeleksi mobil-mobil bekas tersebut, bisa jadi luarnya sangat terlihat klimis dan menarik namun ada banyak PR di bagian lainnya seperti mesin, kaki-kaki, dll. Untuk itu kita perlu kiat-kiat atau tips membeli mobil bekas yang antara lain adalah sebagai berikut :

1. Darimana mobil berasal

Maksudnya adalah mobil yang kita beli ini berasal darimana? Bisa dari pengguna perorangan langsung, dari iklan media-media online, dari showroom/pasar/bursa mobil bekas atau yang lainnya.

Memang akan lebih cepat jika langsung berburu di bursa mobil bekas ya karena pastinya akan selalu tersedia stok mobil yang dijual. Namun jika memilih yang opsi ini, sebaiknya prioritaskan untuk mendatangi tempat jualan mobil bekas (showroom/pasar mobkas) yang ramai dan mempunyai banyak varian stok mobil agar memudahkan kita dalam memilih diantaranya.

Biasanya sih untuk harga akan sedikit lebih tinggi jika dibandingkan bisa ketemu pemakai/penjual mobil bekas itu secara langsung tanpa melalui perantara.

2. Body mobil

Selanjutnya tips memilih mobil bekas adalah dengan memperhatikan body mobil yang meliputi keutuhan body, rangka mobil, cat mobil, kaca, lampu, dan lainnya.

Untuk menunjang penampilan biasanya mobil yang akan dijual ini akan dipoles terlebih dahulu agar lebih kinclong, namun ini bukan berarti mencerminkan kondisi mobil secara keseluruhan.

3. Kelengkapan dan aksesoris mobil

Ini juga perlu untuk dilakukan cek untuk mengetahui apakah kelengkapan yang melekat pada mobil masih pada tempatnya atau tidak. Pengecekan kelengkapan mobil ini seperti ban termasuk juga ban serep, dongkrak (optional), jok, lampu-lampu termasuk juga lampu indikator, dan lainnya.

Cek juga bagian hazard, AC, wiper, klakson apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada aksesoris tambahan lainnya seperti audio video, sensor parkir bisa sekalian di tes juga.

4. Performa mesin

Pengecekan performa mesin sangatlah penting dalam membeli mobil bekas. Seperti yang disebutkan diatas kinclongnya body mobil belum tentu kinclong juga performa mesinnya karena ini adalah mobil second.

Jika merasa awam tentang hal ini, kamu bisa mengajak teman yang paham degan bidang otomotif agar tidak kecewa setelah meminang mobil bekas tersebut. Mintalah ijin sama pemiliknya untuk menyalakan dan mencobanya, rasakan kinerja mesin dan juga transmisinya.

5. Surat-surat

Memiliki mobil yang legal bisa membuat kita tenang tanpa rasa was-was, oleh karena itu jangan terlewatkan ketika membeli mobil bekas juga memperhatikan kelengkapan surat-suratnya seperti STNK dan BPKB.

Selain itu juga mengenai status pajaknya apakah telat atau tidak. Dengan adanya kelengkapan ini nantinya juga akan memudahkan manakala kita berniat untuk mengurus mutasi atau balik nama mobil tersebut.

Teliti sebelum membeli sangat perlu diberlakukan saat membeli mobil bekas karena pastinya kita tidak ingin nanti setelah meminang mobil incaran tersebut akan direpotkan baik tenaga dan juga biaya jika harus bolak-balik ke bengkel untuk perbaikannya

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel