Rekomendasi Kuliner Surabaya yang Wajib Dicoba

Halo para sahabat pecinta kuliner yang pastinya sudah berpetualang untuk berburu kuliner di berbagai daerah di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa bumi Indonesia ini kaya akan beranekaragam menu kuliner khas yang tentunya sangat menggoda untuk dinikmati.

Termasuk juga di Surabaya yang mempunyai banyak menu makanan khas yang sudah terkenal dengan cita rasa yang khas dan pas di lidah.

Menapakkan kaki di Kota Pahlawan Surabaya untuk berbagai keperluan seperti berwisata, studi banding, urusan pekerjaan atau yang lainnya, rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati sajian kuliner Surabaya yang sangat menggoda. Apa saja sih rekomendasi menu kuliner Surabaya yang wajib dicoba?

Kuliner Surabaya
Kuliner Surabaya

Daftar Kuliner Surabaya


Nah jika kamu sedang berada di Surabaya atau sedang merencanakan perjalanan wisata ke Surabaya dan masih bingung untuk menikmati Kuliner Surabaya, berikut daftar rekomendasi menu kuliner yang bisa melengkapi penjelajahan kamu selama di Surabaya yaitu :

1. Sate Klopo Ondomohen

Klopo dalam bahasa jawa yang artinya kelapa. Meskipun namanya Sate Klopo namun ternyata ini bukan sate yang bahannya dari kelapa ya. Terus apa dong?

Sate Klopo Ondomohen merupakan sate pada umumnya yang menggunakan bahan daging ayam, daging sapi, udang, usus dan sumsum. Sate ini juga dibakar dan disajikan dengan tambahan bumbu sate seperti pada umumnya.

Yang membuat unik adalah tampilan dan rasanya yang khas sehingga cocok untuk dijadikan rekomendasi kuliner Surabaya yang wajib di coba. Hal tersebut karena irisan daging yang berukuran besar dan juga daging terlebih dahulu diberi bumbu kelapa yang telah disangrai.

Dengan demikian menjadikan rasa Sate Klopo Ondomohen ini lebih gurih dan nikmat serta cocok untuk dinikmati diberbagai suasana. Dengan harga seporsi yang sangat terjangkau kamu bisa langsung meluncur ke Jalan Walikota Mustajab no. 36 Surabaya untuk segera mencicipinya.

2. Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan kuliner tradisional khas Surabaya sehingga kamu wajib menikmati sajian ini ketika sedang menjelajahi kota Pahlawan. Jika melihat sajian rujak cingur ini hampir mirip dengan gado-gado ya.

Jika biasanya rujak adalah menggunakan bahan buah-buahan dan juga sambal, maka pada rujak cingur ini ditambahkan irisan cingur (mulut sapi). Sehingga rujak cingur ini kulinari yang memadukan buah-buahan, sayuran, cingur, dan lainnya yang disajikan menjadi satu dengan citra rasa yang khas.

Rujak Cingur adalah nama kuliner yang berbahan antara lain cingur, lontong, tempe, tahu, kacang panjang, kangkung, kedondong, nanas, timun, bengkuang, mangga muda. Bahan-bahan tersebut diiris kecil-kecil dan dicampur dalam piring, kemudian di siram saus bumbu yang terbuat dari campuran petis udang, cabai, kacang tanah, gula, dan bawang goreng.

Untuk menikti sajian kuliner Surabaya ini kamu bisa menuju ke Rujak Cingur Delta atau bisa juga langsung gass ke Rujak Cingur Ahmad Jaiz.

3. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto ayam dengan kuah kuning yang segar ini sangat menggoda siapa saja. Ditambah lagi aroma kaldu yang sukses mengusik indra penciuman kita sehingga membuat kita tidak sabar untuk segera mencicipinya.

Soto Ayam Lamongan Cak Har
Soto Ayam Lamongan Cak Har

Yup Soto Ayam Lamongan Cak Har ini selalu ramai oleh pengunjung rasanya yang istimewa dan juga harganya yang sangat terjangkau.

Lokasi Soto Ayam Lamongan Cak Har berada di Jl. Ir. H. Soekarno yang juga dekat dengan kampus Institut Tekonologi Surabaya. Selain soto daging ayam, varian lain yang disediakan adalah daging sapi, ceker, dan juga jeroan.

4. Nasi Goreng Jancuk

Mendengar kata terakhir tersebut memang terasa sangat khas sekali dengan Surabaya. Nah salah satu menu kuliner yang wajib dicoba saat berada di Surabaya adalah Nasi Goreng Jancuk. Apa? Nasi Goreng?

Yup memang sih bisa mendapatkan nasi goreng dimana saja, namun untuk Nasi Goreng Jancuk ini direkomendasikan sebagai destinasi wisata kuliner di Surabaya. Mengapa?

Nasi goreng yang disajikan disini sangat unik karena selain citra rasa yang endes, porsi yang disediakan juga berukuran jumbo. Satu porsi Nasi Goreng Jancuk bisa untuk beramai-ramai, bisa bersama teman atau keluarga dengan jumlah empat atau lima orang.

Kebayang kan porsinya. Nasi goreng ini sangat cocok sekali bagi kamu pecinta kuliner dengan rasa pedas. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa langsung meluncur ke Food Court Royal Plaza lt. 3. Jl. Ahmad Yani No.16-18, Ketintang  dengan harga per porsinya di kisaran seratus ribuan.

Nasi Goreng Jancuk
Nasi Goreng Jancuk

5. Es Krim Zangrandi


Sebagai penawar rasa panas, haus dan lelah setelah menjelajahi Surabaya, kamu bisa mengobatinya dengan mencoba es krim yang yummy di kedai es krim Zangrandi.

Kedai es krim Zangrandi ini sudah sangat populer di kalangan pecinta kuliner Surabaya karena telah menjadi saksi perjalanan Surabaya dari tahun 1930. Wow sudah lama sekali ya.

Betul, kedai yang beralamat di jalan Yos Sudarso no. 15 ini pertama kali didirikan oleh Roberto Zangrandi yang merupakan orang berkebangsaan Itali. Hingga kemudian pada tahun 1960 kedai ini dibeli oleh seorang pengusaha bernama Adi Tanumilia.

Tidak hanya membeli kedainya saja namun pengusaha ini juga sekaligus membeli resep es krimnya. Sehingga dari pertama kali hingga saat ini citra rasa es krim nya tetap sama yang pastinya sangat menggoda untuk segera dicicipi.

6. Lontong Balap

Jangan lewatkan juga menu kuliner Surabaya yang satu ini yaitu Lontong Balap. Makanan ini juga merupakan makanan khas Surabaya lho.

Menu kuliner lontong balap ini terdiri dari lontong, tahu goreng, , lentho, taoge, kecap, bawang goreng dan disiram dengan sambal yang dipadukan dengan kuah segar. Untuk menikmatinya kamu bisa dengan menambahkannya dengan sate kerang dan ditemani es kelapa muda.

Melihat deretan menu Kuliner Surabaya diatas mendadak menjadi lapar ya. Jika demikian kamu bisa segera mencicipinya secara berurutan ya agar perjalanan eksplorasi kamu di Surabaya menjadi lengkap.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel