Mengenal Jenis Makanan Basah dan Kering Untuk Kucing

Tak ubahnya seperti manusia, makanan untuk kucing juga tersedia dalam bentuk makanan basah maupun makanan kering. Sebagai catlovers atau pecinta kucing yang telah berpengalaman tentu hal ini tidak akan menjadi masalah dan bisa mengimplementasikan sesuai dengan kebutuhan.

Namun bagi pemilik kucing yang baru dalam menjalani hobinya pasti pernah merasa kebingungan dalam hal menentukan makanan yang paling tepat untuk si kucing. Lalu bagaimana cara untuk menentukan makanan kucing yang tepat dan cocok? Terus ikuti artikel ini ya.

Memilih Makanan Untuk Kucing


Jika menilik dari segi harga maka makanan kering kucing akan lebih murah serta lebih tahan lama. Dengan demikian akan cocok jika digunakan dalam jangka waktu lama atau sedang ditinggal bepergian.

Namun jika dilihat dari kandungan gizi yang dimiliki maka makanan basah kucing yang menjadi pilihan. Jadi manakah yang lebih baik dari keduanya?

Sebenarnya kedua jenis makanan tersebut tidak ada yang baik dan buruk. Hal tersebut lebih ditujukan pada kebutuhan si kucing saja seperti dilihat dari segi kondisi tubuh maupun kesehatan dari si kucing tersebut.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak perbedaan antara makanan kering dan makanan basah kucing yaitu sebagai berikut :

Memilih Makanan Untuk Kucing
Memilih Makanan Untuk Kucing - Freepik

Makanan kering kucing


Untuk jenis makanan kering untuk kucing kesayangan mempunyai kelebihan-kelebihan jika dibandingkan dengan makanan basah diantaranya adalah kandungan karbohidrat dan protein yang lebih banyak. Untuk lebih jelasnya kelebihan makanan kering yaitu :

  • Lebih praktis
  • Harga relatif lebih murah
  • Lebih tahan lama dan mudah menyimpannya
  • Expired date lama
  • Hanya perlu ditempatkan pada wadah dan kucing bisa memakannya kapan saja
  • Bagus untuk kesehatan gigi kucing

Jadi jika si kucing harus ditinggalkan sendirian di rumah, bisa ditinggali makanan kering yang sudah ditempatkan pada wadah. Namun meskipun demikian makanan kering mempunyai kekurangan yaitu adanya campuran zat pengawet yang tentunya tidak bagus untuk kesehatan si kucing.

Selain itu pada beberapa jenis makanan kering dipasaran terdapat produk yang berkualitas rendah sehingga mengandung banyak karbohidrat seperti jagung. Sehingga jika kucing diberikan makanan kering seperti ini terus menerus akan mengakibatkan kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan.

Makanan kering ini juga tidak bagus untuk kucing yang mempunyai riwayat penyakit saluran kemih dan penyakit ginjal juga lho. jadi sebagai catlovers harus berhati-hati jika memberikan makanan kering ini pada kucing kesayangan ya.

Mengenal Makanan Basah dan kering Untuk Kucing
Mengenal Makanan Basah dan kering Untuk Kucing


Makanan Basah Kucing


Makanan basah untuk kucing biasanya dikemas dalam bentuk kaleng yang kedap udara dan tidak membutuhkan pengawet. Dengan demikian maka makanan basah kucing ini akan lebih sehat tidak mudah basi.

Pada makanan basah untuk kucing biasanya juga mempunyai aroma yang tajam dan lezat sehingga mampu menggoda nafsu makan si kucing. Jadi makanan basah ini sangat cocok untuk kucing yang mengalami penurunan nafsu makan. Untuk kelebihan makanan basah lainnya adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai kadar air yang tinggi
  • Serasa lebih fresh sehingga kucing akan lebih lahap memakannya
  • Dapat membantu perkembangan otot dan tulang kucing agar berkembang lebih kuat
  • Cocok untuk kucing yang mengidap penyakit ginjal

Secara harga jenis makanan basah memang biasanya lebih mahal dibandingkan dengan makanan kering, namun masih masuk akal karena untuk kebutuhan si kucing.

Untuk konsumsi dalam jangka waktu yang lama biasanya dapat menimbulkan plak dan karang gigi pada kucing. Untuk jenis makanan basah sebaiknya langsung dimakan kucing karena jika dibiarkan terbuka dalam waktu yang lama maka kucing tidak akan tertarik lagi.

Sebagai catlovers pastinya akan senang jika melihat kucing kesayangannya dapat tumbuh dengan sehat dan manis.

Untuk itu setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari jenis-jenis makanan kucing diatas, sebaiknya kucing diberikan porsi yang seimbang namun juga tetap melihat kondisi dari si kucing itu sendiri. Nah sekarang sudah bisa menentukan jenis makanan yang dibutuhkan si kucing kan? Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel