Panel Surya : Info Pemasangan dan Harganya

Dalam kehidupan yang sekarang seperti tidak bisa terlepas dari listrik, mulai dari lampu penerangan hingga perabotan dan peralatan elektronik rumah tangga. Dengan adanya listrik membuat kehidupan manusia semakin mudah, sangat berbeda ketika masih berada pada jaman lampu petromaks.

"Ketergantungan" kita terhadap sumber daya listrik dikarenakan lebih praktis dan mudah, contoh kecilnya seperti dengan adanya mesin cuci, setrika listrik, magicom dan masih banyak lagi. Bahkan kita bisa tidak tenang ketika mendapati batere smartphone sudah hampir habis namun colokan listrik tidak kunjung kita ketemukan.

Info Pemasangan Panel Surya
Panel Surya

Namun penggunaan sumber daya listrik tersebut tidaklah gratis karena kita membayar tagihan atas penggunaan setiap bulannya atau membeli token listrik. Semakin banyak penggunaan kita maka akan semakin besar pula pengeluaran kita untuk membayar kebutuhan akan listrik tersebut. Nah pernahkah kita berpikiran untuk mencari alternatif sumber daya listrik selain dari PLN/konvensional ini?

Panel Surya

Pemasangan panel surya bisa mejadi alternatif untuk mendapatkan listrik selain dari PLN. Mungkin sebagian dari kita masih awam dengan panel surya ini karena memang disekitar kita masih jarang yang menggunakannya.

Jadi panel surya adalah merupakan alat yang terdiri dari sel-sel surya yang berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi listrik. Karena dilintasi garis katulistiwa sehingga untuk mendapatkan sinar matahari sangatlah berkecukupan, menjadikan Indonesia sangatlah cocok untuk menerapkan panel surya sebagai sumber pasokan listrik.

Info Pemasangan Panel Surya
Listrik (Pixabay)

Manfaat lainnya dari panel surya adalah memungkinkan meratanya jumlah pemakai listrik sampai dengan ke daerah karena aplikasi panel surya tepat digunakan didaerah terpencil yang jauh dari jangkauan listrik PLN dan banyak lahan yang bisa digunkan untuk pemasangan panel surya karena memang dibutuhkan lahan yang cukup luas.

Proses instalasipun dibilang cukup cepat dan panel surya juga merupakan energi yang ramah dengan lingkungan dan tidak menghasilkan kerugian untuk alam. Sistem panel surya sudah terbukti handal dan sudah lebih dari 50 tahun mendukung program luar angkasa. Panel surya tak hanya membuat kita bisa lebih hemat, namun juga sangat ramah lingkungan Tertarik untuk menggunakan panel surya dirumah? Bagaimana prosesnya ya?

Pemasangan Panel Surya

Pada umumnya proses pemasangan panel surya diawali dengan kebutuhan konsumen. Biasanya akan dilihat terlebih dahulu kebutuhan atas pasokan listrik setiap bulannya yang bisa dicek melalui tagihan perbulannya.

Dari situlah akan dapat dianalisa jika dengan pemasangan panel surya berapa banyak tagihan yang bisa dikurangi setiap bulannya. Kalkulasi sederhana ini bisa menjadikan acuan untuk pemasangan panel surya karena bisa menghemat anggaran listrik setiap bulannya.

Selain itu juga bisa untuk menjadi pertimbangan berapa panel surya yang akan dipasang untuk mencukupi kebutuhan listrik sehari-hari. Nah setelah kita setuju, maka langkah selanjutnya adalah melakukan survei ke lokasi pemasangan.

Hal ini dilakukan karena panel surya berukuran besar, sehingga penyedia jasa pemasangan panel surya harus melihat dahulu seberapa besar watt listrik dari lokasi pemasangan. Untuk pemasangannya kita bisa menghubungi dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan perusahaan penyedia panel surya, misalnya SewatamaSemakin penasaran dengan panel surya? Kira-kira berapa ya harganya?

Harga Panel Surya

Secara umum pasokan listris konvensional yang tersedia adalah 450 watt, 900 watt, 1300 watt, 2200 watt dan diatasnya. Untuk sementara, pemasangan panel surya idealnya digunakan pada listrik yang bertegangan lebih besar dari 1300 watt.

Sebagai contoh untuk pemasangan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik pada satu rumah yang berdaya 2200 watt, dibutuhkan sekitar 6-8 panel dengan ukuran 1x2 meter yang akan dipasang berjejer diatap.

Harga pemasangan panel surya
Pemasangan panel surya

Biasanya harga pemasangan panel surya untuk listrik 2200 watt kurang lebih sebesar 45-50 juta. Angka ini mungkin akan terasa mahal, namun anggaplah ini adalah sebuah investasi sehingga hasilnya tidak bisa dirasakan dalam waktu sekejap saja. Namun dalam beberapa waktu kedepan akan terasa dan dipastikan bisa lebih murah dibandingkan dengan pemakaian listrik PLN.

Pada 7 hingga 8 tahun pertama, penghematan listrik yang didapatkan sudah bisa untuk balik modal dan setelah itu kita bisa menikmati keuntungannya. Bahkan jika berjalan sampai dengan 18 tahun maka kita bisa menikmati listrik secara gratis.

Sewatama merupakan perusahaan independent power plant producer Indonesia yang menyediakan beragam service yang salah satunya adalah penyedia panel surya telah berpengalaman lebih dari 27 tahun dalam memberikan solusi kelistrikan. Oleh karena itu sangat cocok sebagai patner kamu yang ingin memasang panel surya untuk kebutuhan rumah maupun perusahaan.

Nah setelah mengetahui dan mempelajari keuntungan dari sejumlah fakta di atas. Apakah tertarik untuk segera mengganti tenaga listrik konventional menjadi tenaga surya?

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel