random

Inilah Jenis Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Setelah Haid

Menstruasi adalah rutinitas bulanan yang dialami oleh wanita dewasa. Tidak jarang saat menstruasi atau haid ini tiba, badan terasa lemas dan jadi malas-malasan alias mager. Nah, untuk memastikan bahwa kondisi Anda setelah menstruasi tetap sehat dan bugar, maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan baik terkait konsumsi makanan, minuman hingga aktivitas.

Konsumsi makanan dan minuman sehat dan bernutrisi tinggi sangat baik untuk mengembalikan cairan dan nutrisi tubuh yang hilang. Konsumsi makanan sehat menjadi salah satu cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan.

Inilah Jenis Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Setelah Haid

Makanan dan Minuman yang Harus Dikonsumsi Setelah Haid


Untuk mejaga agar tubuh tetap fit dan prima setelah menstruasi/haid bisa dengan cara memilah makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai salah ya karena kalau salah bukannya jadi fit malahan jadi lemes berkelanjutan deh.

Agar tidak salah dalam mengkonsumsi makanan, berikut ini jenis-jenis makanan dan minuman yang dianjurkan dikonsumsi setelah haid yaitu :

1. Kurangi Konsumsi Makanan Manis


Meski setelah menstruasi rasanya ingin sekali mengkonsumsi makanan manis, pada kenyataannya Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak. 

Hal ini dikarenakan kondisi gula darah masih tidak stabil yang sering menyebabkan nyeri haid pada tubuh. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang manis alami seperti buah-buahan ataupun cokelat hitam.

2. Perbanyak Makan Kaya Vitamin B


Anda sangat disarankan untuk memperbanyak mengkonsumi makanan alami yang mengandung vitamin B seperti vitamin B1 (thiamin) dan vitamin B2 (riboflavin). 

Pasalnya, makanan alami tinggi vitamin B ternyata dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat haid datang. Contoh makanan yang disarankan seperti kacang mente dan walnut.

Bugar dan fit setelah haid
Bugar dan fit setelah haid
3. Makan Protein dengan Cukup

Saat haid, seorang wanita sangat mungkin kekurangan protein dalam tubuhnya sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi cukup protein setelah haid. Cukupi konsumsi protein Anda setiap hari dengan mengkonsumsi tempe, tahu, salmon, daging organik, telur dan buncis.

4. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan kaya akan serat sangat baik untuk memperbaiki siklus haid yang seringkali menjadi penyebab haid tidak lancar dan sedikit

Makanan kaya serat juga akan mengurangi produksi hormon estrogen yang berlebih dan juga meredakan rasa nyeri. Mood Anda juga akan distabilkan saat mengkonsumsi makanan kaya akan serat.

5. Perbanyak Makanan Penambah Darah

Ketika seseorang mengalami haid, maka dia akan kehilangan darah mencapai 50 sampai 80 ml. Oleh karena itu, sangat penting menambah konsumsi makanan penambah darah seperti kacang merah, bayam, kacang hitam, mulberry, semangka, apricot kering dan semangka.

Dengan demikian setelah mengetahui jenis-jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi setelah menstruasi/haid tubuh akan menjadi fit serta siap menjalani rutinitas sehari-hari dengan maksimal. Selamat mencoba.
Inilah Jenis Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Setelah Haid Reviewed by Jasadh on Monday, December 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Copyright © 2019 jasadh - All Rights Reserved

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.