random

Cara Tepat Memilih Hosting Sesuai Dengan Kebutuhan

Cara Tepat Memilih Hosting Sesuai Dengan Kebutuhan. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, setidaknya itulah petuah bijak yang mengingatkan kita semuanya untuk tidak berlebih-lebihan dalam hal apapun.

Termasuk juga dalam memilih hosting yang tepat sebaiknya dengan mempertimbangkan kebutuhan akan hosting tersebut. Selain hosting kita juga mengenal yang namanya domain. Lalu apa sih hosting dan domain tersebut?

Domain dan Hosting

Dalam membangun sebuah blog atau website kita tidak terlepas dari hosting maupun dengan domain. Bisa saja kita menggunakan layanan platform gratisan seperti halnya pada wordpress.com dan blogspot.com.

Kedua platform gratis tersebut merupakan platform blog terbesar yang banyak digunakan oleh para blogger. Jika menggunakan platform tersebut maka alamat blog akan terlihat lebih panjang yaitu sebagai berikut :
  • namablogkamu.blogspot.com
  • namablogkamu.wordpress.com
Untuk masalah ini adalah alamat blog terlihat lebih kompleks dan tidak sederhana sehingga juga bisa jadi susah dihapal juga.

Jika ingin terlihat lebih profesional karena blog juga merupakan aset digital, maka pilihannya adalah dengan memberikan domain yang unik agar mudah diingat dan juga bisa untuk membangun sebuah brand dan image.

Dengan pemberian domain ke blog maka selanjutnya alamat blog akan terlihat lebih keren dan profesional yaitu sebagai berikut :
  • namablogkamu.com
Sampai disini sudah terlihat ya perbedaannya antara menggunakan nama domain sendiri dengan yang tidak alias menggunakan subdomain dari layanan platform blog.

Jadi ibarat sebuah rumah, domain ini adalah alamat dari rumah tersebut. Nah jika tertarik menggunakan domain sendiri, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang super ringan. Silahkan cek di domain murah.

Jika domain diibaratkan alamat rumah, maka untuk hosting adalah ibarat lahan tanah yang akan kita bangun sebuah rumah diatasnya. Jadi semakin luas tanah yang kita miliki maka kita bisa membangun rumah yang luas juga. Selain itu juga akan lebih leluasa menentukan desain yang akan digunakan.

Cara Tepat Memilih Hosting Sesuai Dengan Kebutuhan
Cara Tepat Memilih Hosting Sesuai Dengan Kebutuhan


Dengan mempunyai hosting sendiri maka semua file digital akan tersimpan dengan aman. Berbeda halnya jika menggunakan layanan blogspot misalnya, file digital akan tersimpan di server blogger dan istilahnya kita menumpang tempat disana.

Memilih Hosting yang Tepat

Nah untuk mendapatkan hosting yang sesuai dengan kebutuhan kita, tentunya harus terlebih dahulu mengetahui tujuan dan pengembangan dari blog atau website ini kedepannya. 

Hosting murah belum tentu berarti kualitas tidak bagus. Bisa jadi hosting murah ini mendapatkan pelayanan dan spesifikasi yang sama dengan hosting yang lebih mahal. Untuk itu kita harus cermat dalam memilih hosting ini. Apa saja yang perlu diperhatikan? Silahkan simak dibawah ini :

1. Spesifikasi server

Kualitas server menjadi perhatian yang utama karena ini merupakan nyawa bagi sebuah blog maupun website. Hidup mati dan keberlangsungan sebuah blog bergantung pada kualitas server ini. Untuk itu pilihlah spesifikasi server yang terbaik dan sebagai acuannya adalah sebagai berikut :
  • Kapasitas RAM
  • Hard disk yang digunakan, jika menggunakan SSD akan lebih baik
  • Teknologi server
  • Kecepatan jaringan
  • Kecepatan prosesor
  • dll
Selain itu juga perlu untuk memperhatikan target pengunjung, misalnya jika target pengunjung adalah dari Indonesia maka pilihlah server yang berlokasi di Indonesia juga.

Dalam perjalanan pengembangan blog tidak menutup kemungkinan untuk terjadi lonjakan pengunjung, untuk mengantisipasi hal tersebut maka pilihlah penyedia layanan hosting yang memberikan keleluasaan dalam melakukan upgrade hosting.

2. Harga terjangkau

Karena fokus kita adalah untuk mendapatkan hosting murah namun bukan murahan, tentunya juga kita memperhatikan harganya. Untuk apa membayar lebih mahal jika fitur dan fasilitas yang diterima tidak ada bedanya? Memang siapa sih yang tidak ingin mendapatkan sesuatu dengan harga murah? 

Hosting murah bukan berarti jelek ya, dan hosting mahal juga belum tentu yang terbaik. Karena penggunaan hosting adalah sesuai kebutuhan masing-masing.

Tentunya kita akan memilih layanan hosting dengan harga murah namun dengan kualitas yang bagus. Kamu bisa bandingkan terlebih dahulu dari masing-masing penyedia layanan hosting, tentunya dengan perbandingannya yang seimbang ya.

Dengan begitu akan bisa mendapatkan layanan hosting dengan fitur dan fasilitas yang kurang lebih sama namun dengan harga yang  lebih rendah. Oiya, jangan lupa untuk memperhatikan harga perpanjangannya juga ya, karena biasanya harga sewa hosting di awal berbeda dengan harga perpanjangan.

3. Batasan penggunaan domain dalam satu hosting

Masing-masing penyedia layanan hosting menerapkan kebijakan masing-masing dalam setiap paket hostingnya, termasuk juga dalam batasan jumlah domain dalam satu hosting. Jika kebutuhan kamu akan domain banyak maka bisa memilih layanan hosting yang memberikan batasan jumlah domain tertinggi.

4. Layanan Support

Nah ini juga penting dan tidak bisa dipandang sebelah mata lho. Layanan support ini yang membantu kita ketika menemukan kendala atau masalah dalam hosting. Untuk itu sebaiknya pilihlah layanan hosting yang mempunyai layanan support (customer service) 7 hari dan 24 jam. Adapun kontak ke layanan support ini bisa melalui cara :
  • Email
  • Telepon
  • Live chat
  • Tiket bantuan
5. Garansi

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebuah iklan terkadang terlihat berlebihan. Jika sesuai dengan kenyataan sih tidak ada masalah, namun kalau sebaliknya bisa membuat pelanggan kecewa.

Oleh karena itu penting untuk mendapatkan sebuah garansi dari penyedia layanan hosting agar jika fitur dan fasilitas tidak sesuai dengan penawarannya kita bisa mengajukan klaim.

Garansi uang kembali adalah garansi terbaik untuk sewa hosting ini. Dengn beraninya penyedia layanan hosting memberikan garansi tersebut menandakan bahwa layanannya profesional yang dalam hal ini dan menjamin kepuasan kepada pelanggan.

Untuk bisa klaim garansi ketika pelayanannya mengecewakan, sebaiknya pahami juga tentang syarat dan ketentuan yang berlaku ya.

6. Review

Nah agar lebih memantapkan pilihan, tidak ada salahnya untuk mengintip review-review dari pelanggan yang telah lebih dahulu berlangganan hosting.

Dari semua review yang ada nantinya bisa diambil kesimpulan apakah jadi atau tidak mengambil paket hosting yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting.  

Nah dengan acuan poin-poin tersebut diatas diharapkan dapat menemukan hosting yang tepat seusai dengan kebutuhan dan juga murah namun berkualitas untuk perkembangan blog dimasa mendatang. 
Cara Tepat Memilih Hosting Sesuai Dengan Kebutuhan Reviewed by Jasadh on Thursday, August 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Copyright © 2019 jasadh - All Rights Reserved

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.