Kenali Penyebab Haid Tidak Teratur

Setiap bulannya, wanita yang masih dalam usia produktif pasti akan kedatangan 'tamu bulanan' alias menstruasi. Meskipun pada beberapa wanita, di usia yang terbilang produktif terkadang haid dirasa kurang lancar.

Nah bagi kamu yang kerap kali menghadapi masalah haid tidak teratur, sebaiknya jangan panik yang berlebihan. Kenali penyebab mengapa haid tersebut datang tidak teratur. Ada beberapa penyebabnya yang sebaiknya diketahui. Apa sajakah itu?

Penyebab Haid Tidak Teratur
Kenali Penyebab Haid Tidak Teratur (image Google)


Penyebab Haid Tidak Teratur


Ya, keterlambatan haid pada wanita yang belum menikah kemungkinan tertinggi disebabkan ketidakseimbangan hormonal. Demikian dikatakan dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya. Selengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Ketidakseimbangan Hormon

"Beberapa hal yang membuat hormon tidak seimbang sehingga menstruasi menjadi tidak teratur bisa karena stres, kegemukan, terlalu kurus dan kurang matangnya jalur hormonal dari otak ke indung telur," kata dr Hari kepada detikHealth.

Ada dua hormon yang memainkan peran di sini. Pertama, hormon estrogen yang memengaruhi kesuburan dan siklus haid. Lalu, kedua ada hormon progesteron yang membantu mengatur sistem reproduksi dalam mempersiapkan terjadinya kehamilan, termasuk siklus haid.

dr Hari menambahkan dalam kasus kecil, kelainan seperti tumor di dalam indung telur atau di rahim dapat mengakibatkan keluhan yang sama. Tetapi, di usia yang terbilang muda yakni 20-an, jika menstruasi tidak lancar kemungkinan terbesar yakni masih kurang matangnya jalur hormonal dari otak ke indung telur.

"Seiring dengan perjalanan waktu hal ini akan membaik. Makin dewasa seorang wanita, maka menstruasi akan semakin teratur," ujar dr Hari.

2. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sementara itu, Suzanne Kavic, MD, direktur Reproductive Endocrinology di Loyola University Health System mengatakan, tidak teraturnya siklus haid juga bisa menjadi indikasi Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Maka dari itu Kavic sangat menyarankan wanita yang kerap memiliki siklus haid tidak teratur untuk memeriksakan keadaannya.

"PCOS yang terdeteksi sejak dini bisa ditangani untuk meminimalkan dampaknya. Misalnya dengan kombinasi olahraga, modifikasi diet dan obat. Kadang, terapi hormon juga diberikan untuk membuat siklus haid lebih teratur," tutur Kavic.

PCOS merupakan adanya kelainan pada hormon dan sistem metabolisme tubuh, sehingga fungsi indung telur terganggu.

3. Gangguan Tiroid
Penyebab haid tidak teratur bisa disebabkan oleh gangguan tiroid. Di dalam tubuh, kelenjar ini berperan dalam mengatur metabolisme tubuh. Nah, jika  kelenjar tiroid terganggu dan tak bekerja dengan baik, salah satu imbasnya siklus menstruasi bisa terganggu.

Lalu, seperti apa sih gejala ketika kelenjar tiroid terganggu? Beragam, mulai dari kerontokan rambut, mudah lelah, berat, dan naik-turun drastis, hingga haid atau menstruasi yang lebih banyak dari biasanya.


4. Pola Gaya Hidup
Nah gaya hidup sehari-hari juga dapat mempengaruhi menstruasi tidak teratur. Misalnya saja ketika melakukan olahraga secara berlebihan atau mengalami penurunan berat badan yang drastis, hal ini bisa mengakibatkan mestruasi tidak teratur. Tak cuma itu saja, penyebab haid tidak teratur juga bisa dipicu oleh obesitas, stres, hingga kurang tidur.

5. Penyakit kronis

Menderita penyakit kronis seperti diabetes juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Kok bisa? Alasannya jelas, gula darah yang enggak stabil bisa memengarui perubahan hormon. Nah, kondisi inilah yang bisa membuat menstruasi jadi tidak teratur atau terlambat.

6. Kanker Rahim
Mau tahu gejala kanker rahim pada stadium awal? Salah satunya bisa ditandai dengan terhambatnya siklus menstruasi. Namun, lain lagi ceritanya bila memasuki stadium lanjut. Pengidapnya, justru bisa mengalami perdarahan yang amat banyak. Bahkan, lebih banyak dari pada perdarahan menstruasi normal.

Hal yang perlu ditegaskan, gejala stadium awal kanker rahim buka cuma ditandai dengan telat datang bulan saja. Masih ada mual, tubuh mudah lelah, berat badan menurun, hingga nyeri saat berkemih atau berhubungan seksual.

Nah itulah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan haid tidak teratur. Untuk itu tetap jalani pola hidup sehat agar haid bisa datang secara teratur setiap bulannya.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel