Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id - Indonesia adalah negara agraris yang sempat menikmati swasembada pangan dari hasil pertanian sendiri khususnya untuk beras pada tahun 1980-an dan memperoleh penghargaan dari organisasi pangan dunia atau FAO. Namun akhir-akhir ini tak jarang pemerintah melakukan impor pangan dari luar negeri. Untuk itu, Agroteknologi.web.id mewadahi para pelaku industri pertanian sebagai forum dan komunitas pertanian Indonesia guna meningkatkan hasil dari sektor pertanian. Harapannya para petani bisa menghadapi perubahan iklim dan cuaca serta kondisi tanah pertanian dari hari ke hari untuk mencapai hasil panen yang maksimal, maka swasembada pangan bukan tidak mungkin bisa di raih lagi.

Indonesia yang kental dengan slogan gemah ripah loh jinawi dengan tanaman yang ijo royo-royo ini seolah begitu menggambarkan betapa subur dan makmurnya tanah Indonesia. Bahkan Koes Plus sendiri pernah menggambarkan suburnya tanah Indonesia ini dalam lirik lagunya "orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". 

Bertani adalah jenis pekerjaan yang sudah ada sejak dahulu. Dari pertanian lah nenek moyang kita bisa bertahan hidup dari hasilnya yang berupa beras, ketela, umbi-umbian, jagung, buah-buahan, dan lainnya. Namun teknik, cara, dan strategi dalam mengelola lahan pertanian pastinya berbeda dari masa ke masa dan dari jaman ke jaman. Pengetahuan para petani pun harus lebih bisa mengikuti perkembangan informasi masalah seputar pertanian, seperti cara penanganan hama, penangan pengolahan tanah pertanian yang baik, penjualan hasil pertanian, dan lain-lain. 


Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id



Gempuran impor hasil pertanian ini bisa secara pelan-pelan membunuh produktifitas para petani kita. Dengan menurunnya produktifitas para petani penggarap areal persawahan dan perkebunan karena hasil pertaniannya jauh dari harapan, akhirnya banting setir untuk mencari nafkah di bidang lainnya. Dan semakin banyak lahan produktif untuk pertanian berpindah tangan ke para kontraktor perumahan untuk di jadikan rumah, ruko, atau lainnya. Sungguh sangat disayangkan. Untuk menghindari hal-hal yang demikian, maka sangat diperlukan adanya sebuah forum dan komunitas yang menaungi, mengayomi, memberi informasi kepada para petani agar pertanian Indonesia semakin maju. Dan forum dan komunitas seperti ini sangat memiliki nilai manfaat yang lebih untuk memajukan kembali pertanian Indonesia.

Forum pertanian sebagai wadah diskusi bagi para kelompok petani sangat diperlukan untuk menyajikan tanya jawab seputar masalah yang di hadapai para petani dan juga sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan.  Meskipun para petani patinya telah belajar dari pengalaman, namun juga tetap penting untuk menambah informasi dari luar untuk bekal mengolah lahan pertanian agar menghasilkan dan tidak mengalami gagal panen. 

Jika waktu dulu kelompok tani ini berdiskusi dan  tukar pengalaman dengan cara berkumpul di balai desa atau di tempat yang telah ditentukan, atau bisa juga disebut secara offline. Namun kini sekarang di era  teknologi digital ini ada Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id yang bisa dimanfaatkan. Disitu terdapat banyak pengetahuan yang bisa didapat mulai dari bagaimana cara pengolahan lahan pertanian yang baik, bagaimana cara mengusir hama tanaman, bagaimana cara agar hasil panen lebih maksimal, dan yang lainnya. 

Agroteknologi.web.id sebagai pusat info pertanian memang menyajikan beragam materi seputar pertanian dan juga tersedia forum untuk bertukar pikiran dan diskusi untuk memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi. 

Banyak manfaat yang bisa di peroleh jika bergabung dengan Forum dan Komunitas Pertanian yang ada di Indonesia, antara lain :

1. Untuk memajuan kelompok tani dalam mengolah lahan pertanian.
2. Menambah informasi dan wawasan bertani dengan teknologi yang modern.
3. Mendapatkan informasi terbaru tentang cara budidaya lahan yang baik.
4. Menjadi bijak dalam penggunaan pupuk atau obat hama yang tinggi kadar bahan kimiawinya. Sampai saat ini pupuk kompor dan pupuk kotoran hewan masih di yakini sebagai pupuk yang terbaik. Ternak hewan bisa sebagai usaha pendamping pertanian yang bisa di manfaatkan kotorannya.


Sangat besar harapan bahwa dalam waktu dekat ini Indonesia bisa kembali berswasembada pangan lagi. Adapun langkah-langkah yang bisa di tempuh untuk menuju hal tersebut antara lain :

1. Memanfaatkan forum dan komunitas pertanian. Dengan satu visi dan berkumpul untuk bertukar pikiran, akan lebih memudahkan dalam upaya meraih hasil panen produk pangan yang terbaik. Agroteknologi.web.id sangat di rekomendasikan untuk kelompok tani.

2. Adanya peningkatan kualitas dan budidaya pertanian dengan menggunakan teknik yang lebih modern. Karena ilmu pengetahuan selalu berkembang begitu juga dengan ilmu pertanian, maka dengan proses budidaya yang tepat dan penggunaan teknologi modern untuk mengolah lahan pertanian diharapkan bisa meningkatkan produksi pangan. Dan perlu melakukan sosialisasi yang rutin kepada para kelompok tani.

3. Memperluas lahan pertanian. Seperti yang kita ketahui bahwa lahan pertanian banyak yang sudah beralih fungsi menjadi area pemukiman, pertokoan, dan lain-lain. Untuk bisa berswasembada pangan harus menambah lahan pertanian yang produktif yang terfokus pada lahan tanaman pangan, misalnya padi.

4. Penggunaan pupuk dan obat hama yang tepat guna. Biasanya untuk panen instan atau untuk mengusir hama secara cepat, petani menggunakan pupuk atau obat hama yang kandungan bahan kimiawinya tinggi sehingga dalam jangka panjang bisa merusak kesuburan lahan dan juga semakin membuat hama menjadi kuat terhadap obat-obatan.

5. Dukungan pemerintah untuk menggenjot pertanian dalam negeri dan membatasi jumlah impor pangan secara berangsur-angsur dan stop impor kemudian.


Pastinya swasembada pangan adalah dambaan bagi rakyat Indonesia setelah sempat merasakannya di waktu dulu, dan masih ada peluang untuk meraihnya kembali. Dengan ketahanan pangan dan tidak bergantung pada negara lain pastinya akan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh. Untuk artikel lain silahkan baca juga Jual Peralatan Makan Terlengkap Dan Termurah Di MelamineMall.com dan Toko Olahraga Online, murah, lengkap, aman dan terpercaya. Artikel ini diikutsertakan pada kontes SEO Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id.


1 komentar so far

Forum dan komunitas pertanian Indonesia http://kangagos.blogspot.com/2016/12/forum-komunitas-pertanian-indonesia-agroteknologiwebid.html

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon