Merangkai Cerita Indah Bersama JNE

Merangkai Cerita Indah Bersama JNE. Belanja online sepertinya sudah menjadi favorit dan kebiasaan bagi sebagian besar pengguna internet, termasuk aku sendiri. Hal ini bisa terjadi di karenakan adanya perkembangan teknologi yang semakin memudahkan kehidupan manusia di jaman sekarang. Coba bayangkan, dalam hal mencari barang yang dibutuhkan hanya diperlukan sebuah gadget dan koneksi internet saja. Kita tidak perlu keluar rumah, dan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja. Tinggal pilih barang, pesan, bayar, dan tunggu barang datang. Sangat menarik kan? 



Cerita Baik Bersama JNE
Cerita Baik Bersama JNE


Mencari barang secara online bisa dilakukan di marketplace / e-commerce atau online shop. Menjamurnya online shop dari hari ke hari menandakan bahwa belanja online semakin banyak peminatnya. Sosial media atau jejaring sosial adalah berperan sebagai media yang paling banyak digunakan untuk mensosialisasikan atau mempromosikan produk yang di jual, karena media ini dinilai paling efektif dengan banyaknya pengguna yang aktif, dengan begitu maka anggaran biaya untuk promosi bisa di tekan. 


Tips Berbelanja via online 

Belanja via online memang mengasyikkan. Hampir semua barang kebutuhan sehari-hari bisa didapatkan di jagat online shop ini, mulai dari pakaian, perlengkapan elektronik, gadget, sepatu, tas, alat-alat kecantikan, dan masih banyak yang lainnya. Biasanya aku membeli barang-barang seperti tas, sepatu, pakaian, aksesoris, headset, dan lainnya melalui online. Ada yang dari marketplace, ada juga yang dari online shop.

Apakah berbelanja lewat online itu terjamin aman?

Pada dasarnya belanja online itu sama saja seperti kalau kita belanja tradisional. Hanya saja kali ini melalui media internet dan antara penjual dan pembeli tidak diharuskan untuk bertemu. Nah, disinilah diperlukan adanya komitmen, kepercayaan, dan integritas. Memang ada saja oknum yang sengaja memperburuk citra online shop dengan bertujuan untuk menipu para calon pembeli untuk kepentingannya sendiri.

Namun tidak perlu khawatir, karena online shop yang terpercaya saat ini sangatlah banyak. Online shop yang benar-benar melayani pelanggannya untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Berikut adalah tips aman dan nyaman saat berbelanja online :

1. Kenali terlebih dahulu online shopnya

Berlaku wajib untuk calon pembeli saat pertama kali akan melakukan order. Tips sederhananya adalah cobalah ketikan nama online shop nya di google, jika banyak situs yang mengenalinya, maka bisa dipastikan online tersebut aman. Terlebih jika online shop tersebut memiliki blog atau website dengan top domain level atau yang tidak gratisan.

2. Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Barang dengan harga yang murah memang sangat memikat, namun jika harga yang di tawarkan terpaut jauh dibawah harga pasaran perlu di waspadai juga.

3. Nomor kotak

Pastikan nomor kontak yang tersedia bisa dihubungi.

4. Minta foto barang secara real

Biasanya kalau penjual online shop yang memiliki stock barang sendiri tidak akan berkeberatan untuk memberikan foto asli sesuai barang yang akan di jualnya.

5. Sistem pembayaran

Pastikan sistem pembayarannya tidak berbelit-belit. Jika ternyata penjual berada dalam 1 kota, usahakan untuk bisa COD.

6. Testimonial

Biasanya penjual online shop meng-upload testimonial dari para pelanggannya terdahulu di sosial medianya untuk lebih meyakinkan calon pelanggan barunya.


Tips diatas adalah beberapa tips untuk belanja online secara aman, khususnya dari online shop personal. Jika berbelanja online dari marketplace besar yang ada di Indonesia, menurutku sudah aman karena uang yang kita transfer tidak langsung masuk ke penjual namun di tampung di marketplace dulu sampai barang yang kita pesan sudah kita terima dan kita sudah melakukan konfirmasi penerimaan barang.

Jika kita belanja via online, lalu siapa yang mengirimkan barang kita ya?

Dalam bisnis jual beli online tidak terlepas dari peran jasa ekspedisi. Jasa ekspedisi ini menurutku sangat memegang peranan penting dalam menyukseskan suatu transaksi jual beli online. Sebagai contoh saja, sebagus apapun sebuah online shop atau marketplace jika tidak di dukung oleh perusahaan pengiriman / jasa ekspedisi yang bagus tidak akan berarti apa-apa. Sebaliknya, sebuah online shop atau marketplace yang terpercaya pasti dibelakangnya ada perusahaan pengiriman barang yang handal.

Selama ini saya mempercayakan kepada JNE Express sebagai jasa pengiriman barang yang saya order dari online. Alasannya sederhana saja, JNE sudah berpengalaman, tarif tidak menguras kantong, pelayanan profesional, dan fitur tracking yang mudah digunakan untuk melacak proses pengiriman barang.


Cerita Baik Bersama JNE 

Seringnya berbelanja online membuatku menjadi tertarik juga untuk turut serta melakoni usaha online. Bukan tanpa alasan atau sekedar ikut-ikutan tren saja. Namun terlebih karena aku melihat banyak orang yang telah sukses dengan menjalankan usaha toko online, bukan hanya sekedar usaha sampingan, namun juga bisa sebagai usaha dan sumber pendapatan yang utama. Disamping itu juga pangsa pasar dari produk yang dijual bisa semakin luas. Jadi sekarang aku tidak hanya berbelanja online saja, namun aku juga berjualan via online. Fair kan? 

Meskipun saat ini banyak perusahaan jasa ekspedisi pengiriman barang, namun sebagai pribadi aku merasa lebih nyaman menggunakan layanan JNE baik untuk pembelian maupun untuk penjualan toko onlineku. Dan selama menjalankan toko onlineku, banyak cerita yang terangkai indah dengan layanan JNE.

Pernah suatu ketika ada pelangganku dari Medan yang order barang dengan total berat 11 kg. Karena aku sudah terbiasa menggunakan JNE Express maka setelah selesai packing barang langsung aku bawa ke JNE. Oleh CS JNE dihitung dengan layanan OKE per kilogramnya hampir 30 ribu rupiah. Jadi dengan berat 11 kg, maka ongkir nya sekitar 300 ribu. Mengingat barang ini oleh pelangganku tadi untuk di jual kembali, maka dengan ongkir 300 ribu akan terasa memberatkan. 

Beruntung, oleh CS JNE aku diberi tahu bahwa sekarang ada layanan trucking atau logistik. Saat itu di kota tempat aku tinggal, layanan untuk JNE trucking masih terpisah dengan JNE Express. Jadi selanjutnya aku di beri nomor kontak petugas di JNE Trucking. Singkat cerita, aku menghubungi petugasnya, dan dengan ramah petugas melayani pertanyaan-pertanyaan yang aku tanyakan dengan baik. Maklum, kala itu baru pertama kali menggunakan layanan Trucking. Bahkan petugas dari JNE tersebut menawari untuk mengirimkan tarif layanan melalui email. Setelah cek email dan cek tarif ke kota tujuan, aku langsung meluncur menuju "markas" JNE Trucking. 

Dan tradaaa.....
Ongkir pengiriman barang ke Medan dengan berat 11kg menggunakan JNE Trucking adalah kurang dari 80 ribu rupiah. Mantap jiwa.

Pelanggan Senang, Usaha Lancar..


Cerita Baik Bersama JNE
Resi JNE


Belum lagi ada pelanggan yang memesan barang aksesoris secara mendadak di malam hari dan butuh barang cepat untuk keperluan kado. Beruntung mengenal JNE, karena hanya JNE yang melayani pengiriman 24 jam dan rejeki tidak akan kemana. Dengan perjalanan sekitar 10 kilometer ke JNE pusat, aku langsung meluncur. Sebenarnya tidak perlu menempuh jarak yang jauh kalau hanya untuk menemukan agen JNE karena agen JNE ini sudah tersebar dimana-mana. Dan hanya dengan jarak kurang dari 1 kilometer dari rumahpun aku sudah bisa menemukan agen JNE. Namun agen JNE yang dekat dengan rumahku ini tutup di jam 21.30.

Jadi dengan adanya layanan JNE 24 jam aku tidak perlu menolak orderan dan rejekipun bisa terus mengalir. Terima kasih JNE.

Menggunakan layanan JNE memang memiliki banyak keuntungan, baik dari sisi penjual maupun pembeli online. Mau tahu apa saja keuntungan dan kemudahan menggunakan layanan JNE?

1. Melayani 24 jam 

Hanya JNE yang melayani pengiriman paket 24 jam. Dengan begitu sangat membantu dan menguntungkan bagi pelaku online shop demi terciptanya hubungan baik dengan para pelanggan-pelanggannya. Bahkan sabtu dan minggu tetap jalan lho.

2. Mudah menemukan Agen JNE

Agen JNE saat ini bisa di temukan dimana saja. Jadi tidak merepotkan jika ada orderan dan kemudian mengirimkannya.

3. Harga kompetitif

Harga atau tarif pengiriman JNE sangatlah kompetitif, bahkan bisa dibilang lebih murah dibadingkan kompetitornya. Hal ini sangat menguntungkan baik bagi toko onlinenya maupun bagi pelanggannya karena bisa memberikan ongkir yang ringan namun dengan pelayanan yang maksimal.

4. Varian layanan jasa pengiriman tracking

Pilihan layanan dari JNE ini sangat membantu memberikan solusi bagi pelangganku. Jika membutuhkan barang dalam waktu yang cepat sebaiknya menggunakan layanan YES atau SS. Namun jika tidak terburu-buru bisa menggunakan layanan OKE.

Cerita Baik Bersama JNE



Jangan Lewatkan Sensasi Kemewahan Menginap di The Trans Luxury Hotel Bandung

5. Tarif Promo

JNE sering mengadakan even tarif promo yang menurut saya sangat menguntungkan bagi pelaku usaha online. Sebut saja salah satu promo yang di adakan oleh JNE dalam rangka ulang tahun yang ke-26 dengan menyelenggarakan Hari Bebas Ongkir #HARBOKIR pada tanggal 26 dan 27 November 2016. Keren? Jelaass.

Cerita Baik Bersama JNE
HARBOKIR



Aplikasi Android

Bukan itu saja, JNE juga hadir dalam aplikasi Android lho. Namanya My JNE. Apa saja kegunaannya? Banyak, dan yang pasti sangat bisa membantu proses transaksi jual beli secara online, antara lain :

- My Tarif gunanya untuk mengecek tarif pengiriman JNE ke seluruh wilayah Indonesia
- My Shipment gunanya untuk mengetahui progress pengiriman barang
- My Location gunanya untuk mengetahu lokasi pengiriman JNE yang terdekat
- My COD gunanya untuk menggunakan JNE sebagai mediasi pembayaran dari orderan toko online


Cerita Baik Bersama JNE
Aplikasi JNE

Selama menggunakan layanan JNE baik untuk pengiriman barang maupun ketika saya belanja online belum menemukan kendala atau komplain, misalnya barang salah alamat, penerimaan barang melebihi dari batas waktu estimasi, barang rusak, dan lainnya. Sepanjang pengalamanku, penerimaan barang dengan menggunakan layanan JNE malahan lebih cepat sampai dibangkan dengan estimasi waktu yang ada. Jadi, masih saja menggunakan layanan lain? Nggak nyesel? Kalau aku sudah menggunakan layanan JNE, kalau kamu?




4 komentar

JNE memang selalu menjadi prioritas utama

Halo,

Terimakasih sudah ikut blog competition Cerita Baik bersama JNE, ya. Semoga beruntung :D

Salam bahagia,
Pungky Prayitno

Terimakasih kunjungannya mbak Pungky..

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon