Tips Menggunakan Peralatan Makan Melamin

Tips Menggunakan Peralatan Makan Melamin - Salah satu alasan mengapa peralatan makan berbahan melamin ini menjadi favorit adalah karena warna- warnanya yang menarik, desainnya yang unik, tahan panas, dan tahan banting. Apalagi ada salah satu produsen peralatan makan melamin yang memberikan kebebasan memilih desain untuk para pelanggannya. Baca juga Glorimelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka Terbaik Di Indonesia. Peralatan makan berbahan melamin seperti piring, mangkok, gelas, memiliki bobot yang lebih ringan, awet, dan dilengkapi dengan berbagai desain yang menarik.



Peralatan makan melamin terbuat dari termoplastik halus ini tidak mudah pecah dan tidak mudah terkena noda makanan. Namun yang perlu di garis bawahi juga adalah peralatan makan melamin ini tidak mampu menyerap panas sehingga tidak cocok diletakkan di dalam oven atau microwave. Meskipun ada yang beranggapan bahwa menggunakan peralatan melamin ini berdampak negatif pada kesehatan dalam jangka panjang, namun hal itu bisa dihindari jika pengguna benar-benar bisa memilih produk melamin yang baik dan benar.

Tips Menggunakan Peralatan Makan Melamin
Piring Melamin

Produk melamin khususnya untuk peralatan makan yang aman digunakan seharusnya terbuat dari bahan yang sesuai dengan standar food grade yang berlaku, dan bersertifikat SNI. Hal yang harus diperhtikan dalam memilih produk melamin adalah :

1. Kode barang 

Ketika akan membeli produk melamin, jangan lupa memeriksa kode benda tersebut. Biasanya kode ini terletak pada bagian bawah dari peralatan makan melamin.  Melamin yang disarankan adalah memiliki kode PP atau Polyprophylene. PP merupakan bahan pembuat plastik dan melamin yang aman untuk digunakan. Selain itu, pilih juga peralatan makan yang memiliki tanda "BPA free", atau "non-BPA". BPA ini artinya merupakan kepanjangan dari Bisphenol-A, bahan kimia berbahaya yang menyerupai hormon estrogen versi kimiawi. Ketika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, bahan ini akan mengganggu sistem kerja kelenjar endokrin dalam tubuh, dan berpotensi menyebabkan penyimpangan pada metabolisme tubuh. Sampai saat ini, melamin atau plastik yang paling aman digunakan untuk anak adalah yang memiliki kode BPA free, PP, dan ditandai dengan kode angka lima (5) pada wadah melamin.

2. Kondisi barang 

Meskipun kode wadah melamin tidak bisa menjamin kesehatan 100%, karena kuman dan bakteri mungkin saja masih bisa bersarang di dalamnya. Untuk itu segeralah ganti jika diketahui sudah terdapat goresan pada permukaannya. Jika akan membeli produk peralatan melamin pastikan kondisinya bagus dan tiak cacat produksi.

3. Warna

Perhatikan juga warna dari produk peralatan makan melamin. Yang aman untuk dipakai adalah bercirikan berwarna jernih dan tidak berawan. Produk melamin PP yang paling aman memiliki ciri-ciri lebih ringan, mengilap, jernih, kandungan plastiknya transparan, serta daya tembus uapnya rendah. 


Jangan Lewatkan Tips Memilih Jasa Penyewaan Truk Terpercaya di Indonesia

4. Usia barang 

Usia pemakaian peralatan melamin yang aman dipakai maksimal sekitar enam bulan. Namun itu juga tergantung dari cara penggunaan, perawatan, dan kondisi barang. Jika peralatan makan melamin sudah tergores, sebaiknya jangan dipakai lagi dan segera ganti dengan wadah yang baru agar makanan anak tidak terkontaminasi bakteri pathogen (penyebab penyakit) dan menyebabkan diare atau gangguan ginjal.

Tips Mencuci Peralatan Makan Melamin

Peralatan makan melamin memang menarik untuk di miliki dan perawatannya juga mudah. Untuk selalu aman digunakan perhatikan juga cara mencuci produk peralatan makan melamin ini jangan sampai ada noda atau lemak makanan yang menempel di peralatan melamin. Tips mencuci peralatan makan melamin ini yaitu :

1. Campurkan air bersih dengan sabun cuci secukupnya.

2. Letakkan alas piring pada permukaan bak cuci piring untuk mencegah agar piring melamin tidak tergores.

3. Celupkan spons cuci piring pada campuran air bersih dan sabun cuci.

4. Remas-remas spons hingga berbusa. Usapkan spons ke bagian depan dan belakan piring melamin hingga noda lemak dan makanan hilang.

5. Isi bak cuci piring dengan air hangat bersih. Rendam piring melamin di dalam bak cuci piring berisi air hangat. Bilas hingga residu busa hilang. Keringkan piring dengan kain lap lembut sebelum disimpan.


Demikian tips menggunakan peralatan makan melamin agar terhindar dari penyakit yang mengancam dalam jangka panjang. Toko online yang meneyediakan peralatan makan melamine adalah Glorimelamine.com dan MelamineMall.com. Untuk membeli dan mendapatkan peralatan makan melamin dengan kualitas yang terpercaya silahkan baca artikel Glorimelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka Terbaik Di Indonesia dan Jual Peralatan Makan Terlengkap Dan Termurah Di MelamineMall.com

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon