Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Berbisnis Online

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Berbisnis Online - Hingga saat ini Top Level Domain (TLD) dipercaya lebih mampu untuk mendongkrak dan meningkatkan personal branding dan sebuah image yang dibangun. Selain URL menjadi lebih pendek, Top Level Domain juga lebih mudah di ingat dibandingan dengan penggunaan domain gratisan yang pastinya memiliki URL yang lebih panjang dan susah untuk dihapalkan.

Meskipun sekarang ini semakin banyak variasi domain yang bisa ditemukan, namun secara statistik mengatakan  bahwa Top Domain Level dotcom dan dotnet masih menjadi favorit dan paling banyak diminati, termasuk pula saya yang memilih untuk menggunakan domain dotcom untuk blog pribadi maupun untuk usaha online saya. Dan populasi penggunaan 2 domain ini menempati 2 peringkat teratas dalam hal ini. Mengapa harus kedua domain tersebut? Dan apa pula keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com tersebut?


Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Berbisnis Online
Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Berbisnis Online

Tujuan Ngeblog 


Aktifitas blogging semakin lama semakin banyak peminatnya, tidak perduli apa latar belakang dan usianya. Daya tarik Ngeblog ini seakan menjadi magnet tersendiri untuk para blogger. Yup, memang dengan ngeblog banyak yang bisa dilakukan, bebas menuangkan ide dan kreatifitas, bebas berekspresi, dan yang pasti lebih dari sekedar apa yang bisa di lakukan pada jejaring sosial.

Ngeblog memang menarik, dan masing-masing blogger pastinya mempunyai alasan tersendiri ketika pertama kali memutuskan untuk menggeluti dunia blogging. Ada yang menjadikan blog-nya sebagai sarana dan media untuk menulis kegiatan sehari-hari, curhatan, diary online, mengekspresikan ekistensi diri, dan lain sebagainya. Namun ada juga yang terjun ke dunia blogging dan menekuninya secara serius untuk tujuan monetisasi atau untuk berbisnis online guna mendapatkan penghasilan.

Ngeblog untuk mendapatkan penghasilan? Serius?

Benar. Dengan menekuni ngeblog, konsisten secara berkelanjutan mengisinya dengan konten yang bermutu dan bermanfaat bagi pembaca atau pengunjungnya, maka kesempatan akan terbuka lebar untuk mendapatkan pundi-pundi pendapatan. Misalnya memonetisasi blog dengan cara memasang iklan dari google adsense atau iklan CPC lainnya, job review, bekerjasama dengan vendor untuk memperkenalkan produknya di blog, dan lain sebagainya.


Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Berbisnis Online



Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Berbisnis Online


Bisnis online saat ini memang sangat menjanjikan dan setiap harinya bermunculan wajah baru pelaku bisnis online. Dengan menggunakan media blog untuk mengembangkan bisnis online, pastinya akan lebih terlihat profesional dan terpercaya jika menggunakan Top Domain Level.

Memang, efek menggunakan Top Level Domain untuk berbisnis online sangatlah terasa bagi saya selaku salah satu pelaku bisnis online. Bermula ketika saya ingin memperluas pangsa pasar, saya berkeinginan untuk membuat sebuah blog atau toko online, agar produk yang saya jual bisa dikenal secara luas oleh para calon pelanggan. Sebagai langkah awal, saya membuatnya dengan masih menggunakan subdomain gratisan. Orderan yang masuk memang ada, akan tetapi jika di kaji dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon customer, kebanyakan mereka ragu untuk bertransaksi karena blog toko online saya menggunakan blog gratisan.

Singkat cerita kemudian saya membangun kembali toko online saya, namun kali ini saya memilih untuk menggunakan TLD. Awalnya, TLD yang akan saya gunakan untuk blog bisnis online saya ini di antara 2 pilihan, yaitu antara dotcom dan dotnet. Pertimbangan saya adalah keduanya ini sudah familiar di kalangan pengguna internet dan jumlah penggunanya juga banyak (dotcom 127 juta dan dotcom 15 juta).

Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan dotcom untuk TLD toko online saya. Dan keunggulan menggunakan top level domain .net/.com untuk berbisnis online mulai terasa gaungnya. Orderan yang terus mengalir karena efek dari penggunaan top level domain. Lho kok bisa?

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Resi Order


Semenjak menggunakan blog yang ber-TLD untuk "mendisplay" produk, biasanya calom pembeli akan menyusuri produk-produk yang sudah saya upload. Dengan menyusuri toko online yang menggunakan TLD secara tidak sadar akan menimbulkan efek kepercyaan dari calom pembeli, sehingga pertanyaan-pertanyaan yang bernada meragukan sedikit demi sedikit jadi menghilang. Pertanyaan yang saya maksudkan misalnya seperti ini :

"beneran ya barang akan dikirim?",
"kok blog nya gratisan, apa ini bisa dipercaya?",
" coba kasih liat resi-resi yang pernah dikirim dong",
"ada testi dari pembeli-pembeli sebelumnya?",

dan lain sebagainya. Biasanya calon pembeli ini setelah menentukan produk yang akan di belinya, langsung konfirmasi saja mengenai total pembayaran, jenis pengiriman, dan alamat penerima barang. Semakin hemat waktu untuk segera keep order.

Dan yang pasti omset pendapatan jauh lebih meningkat dibandingkan dengan ketika saya masih menggunakan domain gratisan.


Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Berbisnis Online


Berdasarkan pengalaman menggunakan TLD dotcom untuk toko online maupun untuk blog pribadi saya, banyak keuntungan yang saya rasakan. Tak hanya untuk toko online saja, blog pribadi juga akan mendapatkan keuntungan jika menggunakan TLD. Keuntungan yang didapat saat menggunakan Top Level Domain yaitu :

1. Lebih mudah terindeks di mesin pencarian

Google sebagai mesin pencari favorit yang banyak digunakan orang, menjadi acuan untuk penilaian sebuah blog. Semakin banyak artikel yang terindeks di Google, maka sebuah blog atau website tersebut juga akan semakin bagus. #DotComForBlogging akan memudahkan blog cepat terindeks di mesin pencarian dan bisa menaikkan reputasi blog di mata mesin pencari.

2. Lebih mudah di ingat

Karena menggunakan Top Level Domain maka URL blog akan menjadi lebih pendek dan sederhana. Hal ini akan membuat sebuah brand atau nama blog yang kita usung akan jadi mudah di ingat. Sebagai contoh, jasadh.com akan lebih menarik dan lebih mudah di ingat dibandingkan dengan jasadh.blablabla.com.

3. Jika digunakan untuk berbisnis akan lebih terpercaya dan profesional.

Blog akan lebih terlihat profesional dan terpercaya di mata klien. Dengan menggunakan TLD memperlihatkan bahwa pemilik blog serius untuk mengurusi dan menjalankan bisnisnya.

4. Lebih mudah untuk menjalin kerjasama maupun untuk memonetisasinya.

Mau memonetisasi blog untuk mendapatkan penghasilan? segeralah beralih menggunakan Top Level Domain karena pastinya banyak keuntungan jika blog sudah menggunakan TLD, misalnya bisa didaftarkan ke Google adsense, bisa mendapatkan job review, content placement, dan lain sebagainya.

5. Personal branding lebih kuat

Dengan menggunakan Top Level Domain dotcom atau dotnet untuk blog, bisa untuk membangun sebuah image positif.

6. Berkesempatan untuk memiliki nama domain favorit

Dengan menggunakan Top Level Domain akan membuka kesempatan untuk memiliki nama domain yang diinginkan. Hal ini tentunya berbeda jika menggunakan subdomain gratisan. Kebanyakan nama-nama domain favorit sudah tidak tersedia atau sudah ada yang menggunakannya.


DOTCOMFORME Penyedia Domain .com dan .net Murah

Tertarik untuk Ngeblog? Atau sudah mempunyai blog namun belum TLD? Tenang, sekarang sangat mudah untuk memiliki sebuah blog, begitu juga untuk mendapatkan nama domain favorit untuk blog. Blogger akan makin berasa menjadi blogger beneran jika sudah menggunakan Top Level Domain. Nah, untuk mendapatkan domain dotcom maupun dotnet, rekomendasi saya adalah di DotComForMe.

Jika sudah mengetahui adanya keunggulan menggunakan top level domain .net/.com untuk berbisnis online pastinya tidak akan berpikir dua kali. Masih pakai gratisan juga? Sudahlah, segera saja beralih menggunakan TLD untuk bisnis yang lebih cerah. Toh untuk mendapatkan domain favorit di DCFM (baca : DotComFormMe) sangatlah mudah. Langkah pertama hanya dibutuhkan registrasi untuk pembuatan akun. Caranya bisa langsung menuju ke www.dotcomforme.com.

Kemudian isilah form yang tersedia dengan data diri yang valid, meliputi nama lengkap, alamat, email, password, nomor telepon yang masih aktif.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Mendaftar di DotComForMe

Setelah terisi semua, jangan lupa masukkan kode yang tersedia untuk memastikan kita bukan bot, juga centang bagian ketentuan layanan. Setelah itu pilih tombol Registrasi.

Sampai disini kita sudah memiliki akun di DCFM yang langsung siap untuk digunakan berburu nama domain favorit kita. Caranya pun tidak kalah mudah yaitu pilih menu Beli Domain. Kemudian masukkan nama domain yang diinginkan, selanjutnya pilih tombol Cek Ketersediaan.


Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Cara Pesan Domain Favorit

Jika nama domain masih tersedia baik dalam dotcom maupun dotnet, pilihlah salah satu dan kemudian pilih tombol Tambah. Setelah itu tinggal melakukan pembayaran atas pesanan domain yang kita buat tadi.

Jika diperhatikan, harga domain di DCFM sangat murah dan terjangkau. Untuk berlangganan satu tahun harga di patok hanya seratus ribu rupiah saja, yang artinya tiap bulannya hanya sekitar 8 ribuan rupiah saja atau sehari tidak sampai 300 rupiah. Sangat menarik bukan? 

Itulah Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com untuk berbisnis online. Kedua domain tersebut sangat direkomendasikan untuk digunakan pada blog, baik itu untuk blog pribadi maupun blog untuk keperluan bisnis. Ayo wujudkan blog impian bersama dengan DotComForMe.

10 komentar

Ternyata banyak ya manfaat dari tld.. pengen beralih ke tld ni..

Ternyata pake TLD harganya masih terjangkau ya.. pengen yang dotcom

banyak juga keunggulannya ya mas... sedikit nyesel ndak dari dulu ganti TLD

Setuju....buat toko online emang baiknya pakai domain. Jd yg beli itu bs tambah kepercayaannya. Saya juga jd pembeli milih yg terpercaya

Aku baru 2 bulan nih pake TLD dan emang bener banget udah mulai terasa bedanya. Dari pengunjung mulai naik, kemudian semangat bloging juga lebih gede. Biasanya kalo udh capek ya batal blogging, tapi sekarang lebih seneng blogging daripada tiduran.

Saya udah dua bulanan pake TLD. Dan secara gak langsung emang terasa banget manfaatnya. sejak pake TLD pengunjung blog makin banyak, mungkin karena domain lebih gampang dibaca kali yah. :D
Selain itu semangat bloging juga semakin membara saja.

iay gan dotcom lebih familiar

Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

Nice Artikel :)

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon