Berkreasi Dengan Musik Digital

Berkreasi Dengan Musik Digital. Kehidupan dan peradaban manusia semakin menunjukkan kemajuan yang signifikan, seiring dengan semakin canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dampak positif dan dampak negatif seakan selalu mengiringi laju perkembangan teknologi sampai saat ini. Begitu pula dengan musik yang mengalami perkembangan semakin canggih. Tidak bisa dipungkiri bahwa musik sejak jaman dahulu telah turut serta dalam mewarnai roda-roda kehidupan manusia, baik dalam suka maupun duka, dalam manis maupun getir. Dan setiap orang pasti memiliki lagu-lagu favorit yang bisa menggambarkan suasana hati, misalnya lagi senang, jatuh cinta, sedih, galau, dan sebagainya. Jadi singkat kata bisa dikatakan bahwa lagu dan musik itu sudah menjadi teman dalam menjalani rutinitas sehari-hari. 


Indonesia Makin Digital 

Saya beruntung bisa menikmati perkembangan teknologi yang semakin canggih ini. Orang mengatakan bahwa sekarang ini adalah era digital, semuanya beralih ke mode digital. Tak terkecuali untuk musik atau lagu juga mengikuti perkembangan teknologi. Bagi saya earphone adalah barang yang selalu menemani kemanapun saat saya beraktifitas, baik dijalan atau di tempat kerja. Bukan untuk sekedar menerima panggilan telepon saja, namun lebih kepada untuk mendengarkan lagu-lagu favorit. Karena dengan mendengarkan lagu itu sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Apakah bisa mendengarkan musik hanya dari earphone saja? 

Tentunya tidak bisa. Harus disambungkan ke pemutar musik atau music player terlebih dahulu. Bedanya kalau dulu pemutar musiknya masih memakai walkman, namun sekarang semua smartphone sudah bisa untuk memutar musik. Inilah sisi positif dari perkembangan teknologi untuk penggunanya.

Mau tau perkembangan musik digital yang mutakhir? 

Selangkah lebih maju dalam menikmati musik yaitu dengan cara streaming, keren kan. Jadi tidak perlu repot mencari-cari lagu favorit di internet untuk kemudian menyimpannya ke dalam memori smartphone, baru bisa di nikmati. Kalau dulu mencari dan mengunduh lagu dari internet yang sumbernya tidak jelas adalah identik dengan kegiatan pembajakan dan itu ilegal, yang artinya kita tidak menghargai karya dan jerih payah para musisi dan artisnya. Bagaimana mereka bisa terus berkarya menciptakan lagu-lagu terbaiknya jika hasilnya saja tidak kita hargai?

Untuk menghindari itu, saya menggunakan MelOn dari Telkom untuk bisa menikmati lagu-lagu favorit saya. Menariknya, MelOn ini bisa diakses dari mana saja  lho, bisa dari laptop, dari aplikasi Android, iPhone, maupun Blackberry. Mengapa harus MelOn?

IndonesiaMakinDigital
MelOn

Yang pasti dengan MelOn saya merasa mudah untuk menemukan lagu favorit. Kualitas audio yang jernih menambah kenyamanan saat mendengarkannya. Tersedia jutaan lagu yang dilengkapi lirik sehingga saya bisa sambil ikutan bernyanyi meskipun saya tidak hapal lirik lagunya. Dan yang tidak kalah penting adalah dengan MelOn saya mendapatkan lagu-lagu yang original dan legal, artinya saya tidak melakukan pembajakan dan menghargai karya cipta para musisi, sehingga para musisi ini akan terus bisa berkarya dan kita juga tetap bisa menikmati karya-karya mereka. Setuju?


Berkreasi Dengan Musik Digital 

Saya senang akan musik dan sedikit-sedikit menulis lirik. Bahkan dulu saking kepinginnya memiliki lagu yang direkam, saya merekamnya dengan gitar akustik dan menggunakan kaset pita dan tape recorder. Saya kadang jadi geli dan senyum-senyum sendiri ketika teringat kejadian itu, karena hasilnya cempreng dan suara yang tidak jelas. Jauh dari kata layak untuk didengarkan. Sekedar untuk koleksi pribadi saja lah.

Namun daripada punya banyak waktu luang yang terbuang sia-sia, mengapa tidak di manfaatkan untuk mengembangkan hobi yang positif? Iya kan. Siapa tahu hobi tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang atau bahkan bisa mendatangkan pendapatan.

Bukankah tidak ada yang lebih nikmat selain hobi yang dibayar


Indonesia Makin Digital
Musik Digital

Yaaap pada saat dahulu mungkin itulah cara yang paling murah dan mudah untuk “mengabadikan” lagu karya sendiri. Murah dan mudah namun hasilnya jauh dari harapan hehee. Belum lagi kalau ingin recording dalam format band, wah mahal sekali biayanya apalagi recording nya dengan model shifting.


Namun, Lain dulu lain pula sekarang

Di jaman #IndonesiaMakinDigital ini , saya memiliki kesempatan untuk berkreasi menciptakan musik atau lagu sesuai keinginan saya dengan bantuan alat-alat musik sederhana dan software komputer. Selain lebih murah dari segi biaya jika dibandingkan dengan melakukan recording di studio rekaman, kualitas yang dihasilkan pun tidak kalah dengan kualitas MP3.

Dengan peralatan yang sederhana saya memulai untuk merekam lagu. Sekali lagi dengan cara yang sederhana, bahkan sederhana sekali. Peralatan yang seadanya, penulisan lirik yang sederhana, dan pengetahuan soal musik yang juga sederhana pula alias minim.

Indonesia Makin Digital
Peralatan Seadanya

Oiya, sebenarnya tanpa memiliki alat musik apapun masih bisa untuk membuat lagu digital. Gitar dan keyboard itu saya gunakan hanya untuk membantu mencari variasi notasi saja, karena saya kurang sreg kalau "awangan" (jawa-red).

Pertama-tama saya buat masing-masing komposisi pattern suara mulai dari drum, kemudian bass, gitar, piano. Aransemen ini saya buat satu per satu untuk kemudian baru digabungkan menjadi satu kesatuan. Kalau lagi asyik-asyiknya, membuat pattern seperti ini bisa semalaman. Waktu seperti tak terasa tahu-tahu sudah hampir pagi saja, yang berarti berkurang lagi jatah tidur saya hehee.

Indonesia Makin Digital
Menyusun Aransemen

Oke selesai membuat masing-masing patternnya, sekarang saatnya memindahkannya ke dalam playlist. Untuk memudahkan dalam mengedit nantinya, saya masukkan sesuai urutan dari drum, bass, gitar, dan disusul suara-suara harmonisasi lainnya. 

Musik Digital Indonesia Makin Digital
Playlist

Selanjutnya adalah bagian yang mengharuskan saya mencari tempat sepi karena harus unjuk gigi suara. Yess irama musik sudah siap pakai, tinggal mengisi vocal nya. Bermodalkan suara yang full fals dan headset seadanya, siap untuk cas cis cus. Tidak lupa untuk celingak-celinguk kiri kanan memastikan kondisi aman, sepi, dan tidak ada orang. 

Adobe Indonesia Makin Digital
Mengisi Vocal

Akhirnya, setelah gembar-gembor bernyanyi, selesai juga proses ini. Masih celingak-celinguk kiri kanan. Kondisi masih aman dan sepi, selamat deh muka ini hehee. 

Musik dan lagu dalam format band ini bisa di kerjakan sendirian dan bisa dilakukan di sudut rumah karena adanya perkembangan digital yang semakin pesat. Namun saya juga ingin lagu saya ini tidak cuma saya saja yang menikmati. Dengan di temani koneksi internet dari kartu Simpati persembahan dari Telkom ini saya bisa mengupload lagu ini ke internet agar kesempatan bisa didengarkan oleh orang lain terbuka lebar.

Dan hasilnya seperti ini :




Mengapa harus Telkomsel Simpati?


Karena saya sudah cukup lama menggunakan provider ini dan menurut saya hanya koneksi dari Telkomsel Simpati yang memiliki jangkauan yang luas, stabil, lancar, tidak perduli panas maupun hujan. Saya merasa nyaman menggunaan koneksi internet dari Telkomsel Simpati ketika browsing, streaming, maupun uploading. Apalagi sekarang jaringan 4G LTE Telkomsel sudah merambah sampai daerah-daerah pinggiran, dan harga paketan internetnya juga terjangkau. Semakin klik saja sama Telkomsel Simpati nih. Siapkan diri untuk menyongsong Indonesia Makin Digital dengan dukungan koneksi internet super dari produk Telkom dan siapa tahu lagu-lagu saya bisa nangkring di MelOn. #eeh.

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon