Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan. Liburan semesteran atau liburan akhir tahun adalah saat-saat yang dinantikan oleh banyak orang. Beragam rencana telah disusun untuk melewatkan hari-hari libur bersama orang-orang tercinta, keluarga, entah itu akan berwisata, mengunjungi saudara, ataupun yang lainnya. Sudahkah mempunyai gambaran atau rencana? Atau malah bingung akibat dari banyaknya wacana? Mengapa tidak ke Jawa Tengah saja untuk menghabiskan waktu liburan? Mengapa Jawa Tengah? Ada apa saja sih di Jawa Tengah?


Jawa Tengah dengan geliat dan semangat barunya bertajuk Jateng Gayeng bisa menjadi prioritas destinasi wisata, karena kalau di lihat dari kontur geografinya, Jawa Tengah sama dengan Bali yang sama-sama memiliki pantai yang indah, area perbukitan nan hijau, pegunungan yang indah, candi-candi peninggalan di masa lampau, dan pesona wisata alam lainnya. Bagaimana dengan wisata kulinernya? Kuliner yang lezat dan nikmat bisa di temukan dari ujung ke ujung Jawa Tengah.


Baca juga : Sensasi Kemewahan Menginap di The Trans Luxury Hotel Bandung


Seperti diketahui, Jawa Tengah ini yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Dan menjadikan Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah. Provinsi Jawa Tengah ini di bagian barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di batas sebelah selatan, Provinsi Jawa Timur di bagian timur, serta Laut Jawa di sebelah utara. Jawa Tengah memiliki Luas wilayah 32.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. 


Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Dengan lokasi wisata yang mudah dijangkau dan juga didukung oleh infrastruktur yang memadai, seperti akses jalan menuju lokasi wisata yang mudah dan tertata dengan baik, dan juga kemudahan mendapatkan penginapan atau hotel. Lalu, apa saja destinasi wisata di Jawa Tengah?

Destinasi Wisata di Jawa Tengah

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu ini merupakan land mark kota Semarang. Bangunan ini pada awalnya untuk kantor kereta api pada masa kolonial Belanda. Lawang Sewu berarti seribu pintu, karena bangunan ini terdapat banyak pintu. Menariknya, bangunan ini memiliki ruang bawah tanah yang semula difungsikan untuk membuat kondisi ruangan agar tetap sejuk. Namun pada masa penjajahan Jepang ruang bawah tanah ini digunakan untuk penjara bagi pejuang RI.

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Lawang Sewu di malam hari. Dok Pribadi

Gedung Lawang Sewu ini memiliki pintu sebanyak 429 buah, dengan total daun pintu lebih dari 1.200 karena sebagian pintu terdiri dari 2 daun pintu, dan sebagian lainnya menggunakan 4 daun pintu. Bangunannya yang artistik dan kokoh sampai sekarang menjadikan Lawang Sewu sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Lawang Sewu

Berlokasi di pusat kota Semarang, dan tepat di depan bangunan Lawang Sewu terdapat Tugu Muda yang merupakan prasasti pertempuran lima hari di Semarang. 

2. Sam Po Kong

Ingin mendapatkan spot selfie serasa berada di China? Silahkan datang ke kelenteng Sam Po Kong. Kelenteng yang berlokasi di Semarang ini merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tempat ini juga biasa disebut Gedung Batu

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Sam Po Kong. Dok Pribadi

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Sam Po Kong

3. Karimun Jawa

Karimunjawa adalah sebuah kecamatan di Jepara, Jawa Tengah yang berbentuk kepulauan di tengah Laut Jawa. terletak di utara kota Jepara yang berjarak sekitar 83 KM. Kepulauan Karimunjawa ini terdiri dari 27 pulau, akan tetapi hanya 5 pulau yang berpenghuni. Potensi wisata utama dari Kepulauan Karimunjawa adalah keindahan akan lautnya ditetapkan sebagai salah satu taman nasional Indonesia pada tahun 2001. Pemandangan dasar lautnya juga mantap lho.

Karimun Jawa. sumber

4. Baturraden

Lokasi wisata alam Baturraden ini menawarkan udara yang sejuk dan bersih karena terletak di lereng gunung Slamet. Tempat yang asri dengan pemandangan alam yang indah juga terpat kolam renang, air terjun, pemandian air panas. Disini juga terdapat wisata hutan yaitu Wana Wisata Baturaden yang bisa digunakan untuk wisata petualangan. 

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Baturraden
Destinasi wisata yang cocok untuk segala umur ini juga dilengkapi sebuah pesawat terbang milik Garuda Indonesia, yang didalamnya bisa menikmati film-film dokumenter tentang alam dan budaya kekayaan Indonesia. Wah keren ya.

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Baturraden. Dok Pribadi

5. Candi Borobudur

Candi Borobudur ini adalah Candi umat Budha terbesar di dunia dan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya oleh UNESCO. Candi Borobudur ini merupakan peninggalan dari Dinasti Sailendra. Candi yang sangat besar dan mengagumkan, mengingat peralatan dan teknologi sewaktu Candi ini dibuat. Candi yang terletak di Magelang ini bisa menjadi destinasi wisata yang berkesan.

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Candi Borobudur. Sumber


6. Gedong Songo

Candi Gedong Songo ini terletak di lereng Gunung Ungaran. Dinamakan Candi Gedong Songo karena memiliki candi yang berjumlah sembilan. Destinasi wisata ini berada di ketinggian sekitar 1.200 m dari permukaan laut, menjadikan udara sekitarnya dingin dan sejuk.  sehingga suhu udara di kawasan wisata ini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C). Gedong Songo ini menawarkan keindahan alam. Disamping Candi Gedong Songo merupakan tempat wisata alam dan cocok untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga tercinta.

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Bagian dari Candi Gedong Songo. Dok Pribadi

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Di salah satu Candi. Dok Pribadi

Persiapkan tenaga ekstra untuk mencapai semua candinya ya karena letak candi satu dan lainnya saling berjauhan. Sambil menikmati udara yang bersih dan segar, pemandangan alam yang indah, juga untuk berolahraga agar tubuh semakin sehat dan bugar.

7. Pegunungan Dieng

Kawasan Dataran tinggi Dieng terletak di sebelah barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang memiliki pemandangan yang indah untuk dinikmati. Dataran tinggi Dieng ini masuk di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, berjarak kurang lebih 30 km dari kota Wonosobo. .

Dataran Tinggi Dieng
Memasuki kawasan Dieng

Disini terdapat banyak lokasi wisata yang wajib dikunjungi, diantaranya adalah Telaga Warna, yaitu telaga yang warna berbeda-beda. Ada juga bukit Sikunir, cocok buat pemburu sunrise. Dan juga ada Kawah Dieng.

8. PRPP / Jateng Fair

PRPP adalah Pekan Raya Pameran Pembangunan yang merupakan pesta rakyat Jawa Tengah. Kegiatan rutin tahunan ini diadakan sekitar bulan Agustus - September yang menghadirkan kekayanaan yang dimiliki oleh Jawa Tengah baik hasil bumi maupun seni budaya.

Jateng fair
Jateng Fair

9. Museum dan Situs Sangiran

Museum yang berlokasi di Sragen dengan akses transportasi yang mudah cocok untuk berwisata sambil menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pola kehidupan manusia purba. Di museum ini kita juga bisa menikmati sarana audio visual yang memberikan penjelasan tentang berbagai hal, misalnya proses ditemukannya situs purbakala Sangiran, proses evolusi manusia, proses alam raya dan gugusan gunung-gunung berapi.

Sangiran
Situs Purbakala Sangiran

10. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Solo ini terletak di pusat kota Solo. Disini terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Yang menarik, hingga saat ini masih dilakukan upacara ataupun aturan adat dengan nuansa budaya jawa.

Pesona Jawa Tengah Yang Kian Menawan
Keraton Surakarta

Tentunya selain destinasi wisata diatas, masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Dengan kekayaan pemandangan alam yang indah, pesona Jawa Tengah kian menawan para wisatawan untuk bereksplorasi tempat-tempat wisata yang ada.

Kuliner di Jawa Tengah

Rasanya kurang lengkap atau ada yang kurang jika berwisata ke suatu tempat tanpa mencicipi makanan khas di tempat tersebut. Nah, di Jawa Tengah adalah surganya buat pecinta kuliner.

1. Nasi Grombyang

Nasi grombyang ini adalah makanan khas dari daerah Pemalang. Nasi grombyang ini mirip dengan rawon, namun di Pemalang disajikan dengan porsi kuah yang banyak, hal inilah yang kemudian dinamakan nasi grombyang.

Nasi Grombyang
Nasi Grombyang. sumber

2. Nasi Liwet

Nasi liwet khas Solo ini terkenal gurih dan nikmat saat disantap karena menggunakan tambahan bumbu rempah-rempah. Mirip dengan nasi uduk, tambah lauk nya langsung siap santap.

Nasi Liwet
Nasi Liwet. sumber

3. Lumpia Semarang

Lumpia semarang adalah makanan khas dari Semarang yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Pada umum cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali lumpia ini dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan kemudian menetap di Semarang. Lumpia Semarang ini mudah didapatkan di pusat oleh-oleh sepanjang jalan Pandanaran Semarang.

4. Soto Kudus

Soto khas Kudus ini menggunakan daging kerbau yang tektur daging nya yang sangat khas, ada juga yang menggunakan daging ayam, dan diramu dengan olahan resep turun temurun warga Kudus yang menjadikan Soto Kudus ini sebagai favorit penggila kuliner.

Soto Kudus
Soto Kudus

5. Nasi Gandul

Nah ini salah satu favorit saya. Makanan Khas Pati ini tidak pernah saya lewatkan ketika saya singgah di Pati. Hampir mirip seperti nasi grombyang, namun nasi gandul ini disajikan dengan menggunakan daun pisang. Hmmmm mantap.

Nasi Gandul
Nasi gandul khas Pati

Dan masih banyak lagi wisata kuliner yang tersedia di Jawa Tengah yang siap memanjakan lidah para penikmatnya. 

Pesona Jawa Tengah menyimpan segala keindahan untuk dinikmati. Dengan tradisi budaya Jawa yang ketimuran menjadikan kehidupan yang harmonis antar sesama. Jawa Tengah yang terdiri dari berbagai kabupaten yang masing-masing memiliki destinasi wisata dan wisata kuliner unggulan menjadikan Jawa Tengah layak untuk menjadi tujuan wisata. Jadi tunggu apalagi, ayo berwisata ke Jawa Tengah.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah 

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon