Memulai Usaha Di Usia Muda? Siapa Takut

Memulai Bisnis Di Usia Muda? Siapa Takut. Tidak ada batasan usia yang baku kapan harus memulai sebuah usaha. Kalau bisa memulainya dan meraih sebuah kesuksesan lebih awal, mengapa tidak? Karena sukses itu adalah hak setiap orang tak terkecuali. Namun, sukses itu tidaklah datang secara tiba-tiba ataupun datang dengan sendirinya lho. Dibutuhkan sebuah proses, semangat, kerja keras, dan ketekunan untuk mencapainya. Janganlah takut gagal, karena gagal adalah hal yang biasa, bukanlah akhir dari semuanya. Namun arti kegagalan yang sebenarnya adalah ketika kita tidak pernah memulai usaha apapun. Ubahlah mindset tentang kegagalan tersebut, rubahlah menjadi kegagalan adalah sebagai langkah awal untuk menuju gerbang kesuksesan.


Sukses Di Waktu Muda? Siapa Takut Ralali.com
Sumber gambar Pixabay

Life Begins At 40

Hidup itu baru dimulai ketika usia memasuki 40 tahun. Banyak yang mengatakan bahwa kemapanan ekonomi, hidup berkecukupan, kesuksesan itu baru bisa diraih ketika memasuki usia 40 tahun. Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan untuk menanti usia menyentuh angka 40 tahun? Siapa yang bisa menjamin setelah usia ke 40 bisa meraih kesuksesan dan kemapanan hidup? Tidak ada yang menjamin, kecuali 2 hal, yaitu menikah dengan orang kaya, dan mendapatkan warisan yang melimpah. Dan yang lebih ekstrimnya, tidak ada yang tahu rahasia usia seseorang.

Jadi, anggap saja "pepatah" diatas gugur dengan sendirinya dan tidak berlaku terlebih di jaman sekarang dimana teknologi semakin maju dan serba digital. Dan sekarang, hidup dimulai saat kita pertama kali bernafas. Karena usaha, bisnis, sukses bisa diraih pada usia berapapun, setuju?


Tips Memulai Bisnis Di Usia Muda

Untuk mencapai kesuksesan itu tidak perlu menunggu tua, sudah banyak contohnya pebisnis muda sukses yang memulai usaha atau bisnisnya di usia yang lebih awal. Oleh karena itu syukurilah karunia usia dan manfaatkan sebaik mungkin, karena usia yang telah kita lewati tidak akan pernah bisa di ulang kembali. Laluilah waktu dengan melakukan hal yang positif dan bermanfaat. Sudah tidak jaman lagi anggapan bahwa masa muda adalah masa hura, kumpul-kumpul yang tidak jelas.  Namun sekali lagi, sukses itu butuh proses, bukan datang menghampiri begitu saja. Lantas, kapan akan memulai proses untuk sukses?

Saya pribadi lebih termotivasi jika ada anak muda yang sukses dibidangnya dan dari hasil jerih payah serta keringatnya sendiri, bukan dari hasil hibah, warisan, penggandaan uang, dan lain sebagainya. Kerja keras, kegagalan, jatuh bangun, akan mampu membuat seseorang akan lebih tangguh di masa depan.

"Sukses itu memang tidak mudah, namun hidup akan semakin tidak mudah jika tidak sukses"

Usia 20 tahunan adalah usia ideal untuk memulai sebuah bisnis atau usaha. Minimnya pengalaman dan pengetahuan bukan alasan untuk menunda menjalankan sebuah usaha. Kuncinya adalah mau belajar, fokus, dan tekun. Berikut ini adalah tips untuk memulai bisnis di usia muda :

1. Gali minat dan bakat
Bisnis akan lebih mudah dijalankan jika sesuai dengan passion yang dimiliki. Oleh karena itu, agar bisnis tidak berhenti ditengah jalan dan bisa lebih fokus mengelolanya, maka temukan passion, minat, bakat yang dimiliki dari dalam diri. Jika menjalankan usaha yang sesuai dengan hobi pasti lebih enjoy dan haslinya akan maksimal.

2. Jangan takut gagal
Dalam berbisnis janganlah takut akan kegagalan yang akhirnya takut untuk memulainya. Justru dengan kegagalan bisa dijadikan pelajaran dan segera memperbaikinya. Suatu usaha atau bisnis tidak akan bisa diketahui sukses atau tidaknya jika tidak pernah di coba. Dan yakinlah pada kemampuan diri sendiri.

3. Perluas relasi
Usia muda masih diidentikkan dengan minimnya pengalaman, labil, masih bergantung pada orangtua. Namun dengan bersikap terbuka, mau belajar hal baru, memperluas jaringan, relasi, dan kenalan, bisa merubah anggapan seperti diatas. Belajarlah dari orang-orang yang telah terlebih dahulu mencapai kesuksesannya.

4. Think out of the box
Yap. Berpikirlah dari yang tidak biasanya, maka akan bisa tercipta bisnis yang unik dan mudah diingat. Perlu dilakukan hal-hal yang tidak biasanya untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.

5. Utamakan kualitas
Penting untuk tetap menjaga kualitas produk atau layanan dari bisnis yang dijalankan. Karena kepuasan pelanggan adalah segalanya. Dan jangan abaikan promosi dari mulut ke mulut yang sangat ampuh. Peangan yang merasa puasa pasti akan merekomendasikan produk atau  jasa layanan tersebut ke kerabat dekatnya.

6. Terus Berinovasi

Teruslah berkarya dan jangan berhenti untuk berinovasi karena kondisi pasar pastinya akan selalu berubah-ubah. Terus mengembangkan usaha yang sudah ada dan temukan strategi terbaik untuk menjual produk atau jasa.

7. Jangan Sombong

Meskipun di usia muda sudah memiliki usaha dan telah sukses, namun tetaplah rendah hati dan tetap peduli terhadap sesama ya.


Keuntungan Sukses di Usia Muda

Banyak manfaat jika sukses bisa diraih di usia yang masih muda. Selain bisa lebih menggali potensi dari diri sendiri, juga akan bisa lebih bisa mengembangkan sayap usaha.

1. Membanggakan dan membahagiakan orangtua
Orangtua mana yang tidak senang melihat anaknya sukses, pastinya setiap orangtua memiliki keinginan agar anak-anak nya bisa lebih sukses dari dirinya. Begitu juga dengan anak, pastinya ingin membuat bangga dan ingin membahagiakan orangtuanya. Setuju?

2. Lebih memiliki banyak waktu
Usia muda lebih memiliki banyak waktu untuk belajar, memiliki waktu untuk bangkit lagi jika mengalami kegagalan, memiliki banyak waktu untuk bereksperimen guna menghasilkan suatu usaha atau bisnis yang akan membawa ke jenjang kesuksesan.

3. Lebih mudah beradaptasi dengan teknologi
Berbeda dengan orang yang sudah "berumur", tentunya dengan bekal usia yang masih muda akan lebih mudah beradaptasi dan mempelajari teknologi yang pastinya akan terus berkembang. Dan dengan teknologi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang kesuksesan usaha yang dirintis.

4. Siap menyambut masa depan
Setiap orang tentunya menginginkan masa depan yang cerah. Jika  kesuksesan telah dicapai di usia muda, maka masa depan yang cerah sudah di depan mata. Punya gebetan? Menghadapi Camer? Tentunya hal tersebut tidak akan jadi masalah jika sukses sudah diraih. Pede aja lagi.

5. Beribadah dengan tenang
Jika kesuksesan telah diraih di usia muda, jadi memiliki waktu yang cukup untuk menjalankan ibadah dengan tenang tanpa harus masih disibukkan dengan persoalan pekerjaan dan mencari rejeki.


Memulai Usaha 

Awalnya dulu saya memulai usaha jual beli sebagai sampingan dengan memanfaatkan kekuatan sosial media dan marketplace lainnya. Cari barang, poles dikit, jual. Barang apa saja yang penting bisa untuk dijual kembali, seperti handphone, perangkat elektronik, alat musik, dan lainnya. Hingga pada suatu saat tidak ada barang yang siap untuk dijual, yang akhirnya secara iseng saya mengambil gambar boneka koleksi milik istri. Saya foto satu per satu dan kemudian mengiklankannya.

Memulai Usaha Di Usia Muda? Siapa Takut
Siap Meluncur


Diluar dugaan, respon pasar ternyata sangat bagus. Saya dan istri akhirnya sepakat untuk meneruskannya, dengan menyediakan sedikit ruangan di rumah untuk stok barang. Karena saya dan istri masih memiliki kesibukan offline, usaha ini masih berfokus pada penjualan online. Kedepan keinginan kami adalah terus mengembangkan usaha yang telah berjalan ini dengan membuka toko atau outlet meskipun kecil. Karena menurut pengamatan, masih banyak calon pembeli yang ketika mencari barang mereka browsing di internet, akan tetapi ketika akan melakukan transaksi mereka merasa lebih mantap jika sudah melihat barang terlebih dahulu.

Selalu teringat kata-kata Om Bob Sadino bahwa setinggi-tingginya jabatan kalau masih bekerja untuk orang lain berarti kita masih karyawan, namun sekecil apapun usaha atau bisnis kita, kita adalah bos nya. Sungguh kata-kata yang luar biasa dan inspiratif.


Peluang Usaha Untuk Usia Muda

Suatu pagi pada hari minggu, ketika berjalan-jalan sambil berolahraga kecil bersama keluarga di pusat kegiatan Car Free Day (CFD) di kota saya, saya melihat begitu banyak aneka kuliner yang tawarkan. Dan menariknya adalah para pelaku usaha kuliner disini adalah rata-rata berusia anak kuliahan. Dengan wajah ceria mereka menikmati apa yang mereka kerjakan.

Usaha kuliner atau bisnis kafe sangat trend di masa sekarang dan juga pastinya di masa mendatang, karena pola perilaku orang juga berubah. Orang-orang sekarang lebih suka ke kafe atau pusat kuliner untuk mengerjakan tugas kuliah, membahas pekerjaan kantor, atau bisnis lainnya. Dan orang-orang yang usia muda dan berjiwa muda sangat cocok untuk mengelola bisnis  atau usaha seperti ini, karena jiwa anak muda sangat dinamis mengikuti trend dan up to date akan perubahan yang terjadi.

"ah mas, kalau mau usaha kuliner atau kafe gitu susah untuk mencari ubo rampe perlengkapannya".

Mungkin dulu begitu, namun sekarang jaman sudah berubah. Sekarang ada Ralali yang menyediakan banyak barang kebutuhan untuk keperluan usaha.

Memulai Usaha Di Usia Muda? Siapa Takut

Apa Ralali.com Itu?

Mendengar kata ralali selintas yang terpikir adalah sebuah kata dalam bahasa jawa yang berarti tidak lupa, mungkin mengejawantahkan bahwa Ralali.com adalah solusi berbisnis yang tidak mudah dilupakan. Lalu, apa sebenarnya Ralali.com itu?

Ralali.com adalah sebuah marketplace online B2B yang memfasilitasi proses transaksi jual-beli dengan memanfaatkan teknologi dan fitur yang sangat membantu Seller dan Buyer untuk melakukan proses bisnis yang mudah, aman, dan transparan. Ralali cocok untuk pembeli, baik secara korporat maupun individu yang mencari berbagai ragam produk untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan dari ratusan supplier ternama dan terpercaya.

B2B adalah Business to Business, yaitu kondisi dimana mempertemukan pelaku atau pemilik usaha dengan pengusaha lainnya yang masih berkaitan. Misalnya pengusaha dengan produknya ban motor dengan pemilik bengkel dan spare part kendaraan, Pengusaha mebel atau pengusaha interior dengan pemilik usaha kafe, dan lain sebagainya.

Memulai Usaha Di Usia Muda? Siapa Takut
Produk di Ralali.com


Ralali.com yang didirikan oleh Joseph Aditya sejak tahun 2013 selalu berkomitmen untuk menciptakan transaksi B2B yang transparan dan aman dengan mengandalkan teknologi terkini untuk kepuasan pelanggan. Dengan fitur terbarunya, Ralali.com memberikan experience bisnis yang lebih mudah, simpel, efisien dan akurat, yaitu vendor solution dan customer solution. Dengan produk yang lengkap dan banyak varian, Ralali.com bertujuan untuk berkontribusi mendukung pembangunan di Indonesia agar lebih baik dan merata dengan menyedialan berbagai barang-barang yang berhubungan dengan MRO (Maintenance, Repair dan Operation) dan kebutuhan bisnis lainnya.

Memulai Usaha Di Usia Muda? Siapa Takut
Kategori Produk di Ralali.com


Dengan mengusung tagline “Helping Business, Connecting Business”, Ralali memposisikan diri sebagai mediator transaksi jual beli antara pembeli dan penjual. Dengan bertransaksi di Ralali, akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut :

1. Mudah dan Praktis

Belanja di Ralali bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Mencari barang kebutuhan bisa dilakukan di depan komputer maupun di smartphone, tidak harus mendatangi dari toko ke toko lainnya. Sangat mudah, praktis, efektif, dan efisien ya.

2. Aman dan Terpercaya

Belanja di Ralali terjamin aman dan terpercaya, jangan khawatir uang akan hilang atau barang tidak sesuai dengan spesifikasi. Karena barang yang tersedia di Ralali telah lolos standar kelayakan produk.

3. Efisien dan Transparan

Efisien karena pastinya kita akan bisa hemat waktu dan biaya dalam mencari barang, karena bisa dilakukan hanya dari rumah saja tanpa harus keluar rumah. Transparan karena harga sudah tercantum dengan jelas, spesifikasi produk sudah tertera dengan detil.

Ralali B2B Marketplace sangat membantu dan sangat bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan segala bisnis dan usaha. Untuk informasi lengkap mengenai Ralali.com bisa di dapatkan melalui :

- Official website : www.ralali.com
- Email : info@gmail.com
- Telephon :021 - 3005 2777

Memulai Usaha Di Usia Muda? Siapa Takut


Dengan hadirnya Ralali.com kini untuk memulai membuka usaha sangatlah mudah., karena barang yang dibutuhkan untuk perlengkapan usaha telah tersedia di Ralali. Dengan belanja yang mudah, aman, dan efisien sangat menguntungkan bagi perintis pelaku usaha. Siapapun bisa memulai usaha bahkan untuk usia muda sekalipun. Jadi tunggu apalagi? Memulai usaha di usia muda? Siapa takut.

2 komentar

baru tahu ada ralali nih.

iya bisa langsung dicoba lhoo..

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon