Gaya Hidup Sehat untuk Jantung Sehat, Hidup Terasa Nikmat

Gaya Hidup Sehat Untuk Jantung Sehat, Hidup Terasa Nikmat. Belum lama ini ada teman senior di kantor yang terkena serangan jantung saat mengikuti lomba bola volly acara tujuh belasan dan menjalani pemasangan ring jantung. Kabar baiknya adalah operasi berjalan lancar dan Bapak ini telah masuk kerja kembali. Bapak ini berusia 46 tahun, yang dalam suatu kesempatan menceritakan pengalamannya selama di Rumah Sakit, mulai dari penanganan medis, menjalani kateterisasi jantung, pemasangan ring, hingga saat-saat Bapak ini mulai pasrah karena tekanan darah atasnya hanya 50. Di ujung ceritanya, Bapak ini sempat berpesan kepada saya, jalanilah pola atau gaya hidup sehat, agar jantung juga sehat.

Gaya Hidup Sehat untuk Jantung Sehat, Hidup Terasa Nikmat
Jantung Sehat


Dengan gaya hidup sehat jantung juga akan sehat, jika demikian hidup yang dijalani juga akan terasa nikmat

Banyak terima kasih saya sampaikan kepada Bapak ini yang telah mau berbagi pengalamannya dan juga menyadarkan anggapan saya bahwa penyakit jantung itu bisa menghampiri siapa saja, tak peduli pangkat, jabatan, seberapa kayanya dia, usia, jenis kelamin, dan sebagainya. Anggapan saya yang salah itu antara lain :

1. Penyakit jantung adalah penyakit orang lanjut usia

Inilah anggapan saya sebelumnya. Pernah punya anggapan seperti ini juga? Ternyata salah ya. Seperti yang kita ketahui ada beberapa artis yang meninggal dikarenakan serangan jantung, dan terakhir kemarin penyanyi muda berbakat, salah satu idola saya juga karena suara emasnya, meninggal di usia muda yang dikabarkan karena serangan jantung. 

2. Penyakit jantung hanya milik orang kaya saja

Banyak juga yang beranggapan seperti ini, "orang kaya kan makannya enak-enak". Ternyata penyakit jantung itu bukan hanya milik orang kaya saja, karena penyakit jantung itu bisa juga dikarenakan pola hidup dan gaya hidup yang tidak sehat.

3. Penyakit jantung adalah penyakit turunan

Kalau ini tidak sepenuhnya salah. Memang penyakit jantung ada yang karena keturunan, namun bisa juga tanpa faktor keturunan. Kembali lagi karena tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Jantung adalah organ tubuh manusia yang bertugas untuk memompa darah mengaliri seluruh tubuh manusia. Jika jantung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka akan timbul penyakit jantung. Tidak perlu menunggu harus berumur terlebih dahulu baru kemudian peduli dengan kesehatan jantung. Menjaga dan merawat agar jantung tetap sehat dan berfungsi dengan baik haruslah dimulai sejak dini. Jangan egois, banyak yang membutuhkan kehadiran kita mulai dari keluarga, teman dan sahabat, relasi. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan kita demi kebahagian bersama.


Bagaimana Dengan Blogger?

Nah ini, kebanyakan teman-teman blogger menyukai menulis artikel pada malam hari. Dan, teman setia menemani saat menulis konten adalah kopi dan rokok. Bahkan saking semangat dan antusiasnya menulis artikel sampai-sampai lupa waktu, yang akhirnya jatah waktu tidur dan istirahatnya berkurang secara drastis. 

Malam hari memang saat yang menyenangkan untuk menulis ataupun untuk mengembangkan ide-ide yang ada, karena susana yang tenang dan tidak panas. Saya pun seringnya memanfaatkan waktu malam saya untuk menulis. 

Lalu, apakah salah menulis di malam hari? Tentu tidak. Namun ada hal yang perlu di perhatikan adalah jangan sampa lupa waktu, istirahat yang cukup tetap menjadi prioritas teman-teman blogger. Untuk teman menemani menulis konten cobalah menggantinya dengan susu hangat, cemilan yang sehat, atau permen karet. Jangan terlalu banyak kopi. Dan ingat, di setiap bungkus rokok telah diperingatkan akan bahayanya merokok ya jadi jangan diabaikan begitu saja.

Mengenal Gejala Penyakit Jantung

Menurut penelitian, penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu didunia. Oleh karena itu kita wajib menjaga gaya hidup sehat untuk investasi tubuh di masa depan kita. dan ada baiknya kita mengetahui beberapa gejala-gejala penyakit jantung untuk mengantisipasi lebih awal, yaitu :

1. Sakit dan nyeri di bagian dada
Biasanya rasa sakit atau nyeri ini datang secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan di arteri sehingga darah tidak bisa di alirkan ke seluruh tubuh.

2. Sesak Nafas
Sesak nafas ini terjadi karena tidak teraturnya denyut jantung akibat dari terhambatnya aliran darah pada tubuh. 

3. Pingsan 
Pingsan atau hilang kesadaran ini bisa terjadi karena kelelahan, namun perlu juga untuk di waspadai agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Segeralah periksa ke Dokter terdekat.

4. Sakit kepala atau pusing
Sakit kepala yang berlebihan, kepala terasa sakit saat terkena sinar matahari, perlu diwaspadai merupakan gejala penyakit jantung. Jangan dibiarkan berlarut-larut ya, segeralah periksa.

5. Mudah lelah
Meskipun tidak melakukan pekerjaan berat apapun, namun tubuh terasa sangat lelah, perlu segera tindakan untuk periksa ke Dokter ya.

Itulah beberapa tanda gejala awal penyakit jantung. Kalau sering merasakan atau mengalami hal-hal seperti diatas, sebaiknya segera waspada dan menghubungi Dokter keluarga untuk memeriksakan kesehatan kita. Perlu diketahui, penyakit jantung ini diawali karena adanya penumpukan plak atau timbunan lemak di arteri koroner yang jika dibiarkan terus menerus akan menutup aliran darah dan perlu dipasang cincin seperti teman senior di kantor saya itu. 

Apakah dengan dipasang cincin urusan akan selesai? Tentu tidak sesederhana itu. Teman saya juga sekarang sangat hati-hati dalam mengkonsumsi makanan agar aliran darah tetap lancar. Juga mengkonsumsi obat tertentu agar darahnya bisa lebih encer untuk meringankan kerja jantung. Tentunya kita tidak mau seperti itu kan?

Gaya Hidup Sehat Untuk Jantung Sehat

Mengingat akan bahayanya penyakit jantung dan juga repot nya menjalani hidup pasca operasi jantung, maka tidaklah salah jika kita menyayangi jantung kita sejak dini dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti apa sih penerapan gaya hidup sehat untuk jantung sehat itu? Yuk kita simak :

1. Istirahat yang cukup
Isitrahat yang cukup dan teratur bisa membantu meringankan kerja jantung. Waktu ideal untuk tidur dalam sehari adalah 6-7 jam ( diutamakan malam hari), karena jika waktu tidur kurang dari 5 jam maka akan terjadi penumpukan mineral kalsium dalam pembuluh darah jantung.

2. Olahraga yang teratur
Lakukanlah olahraga yang teratur dan rutin, misalnya berlari, jalan kaki, bersepeda, dan lain-lain. Pastikan tubuh terkena sinar matahari pagi yang diyakini sangat menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh. Olahraga rutin ini bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh yang bermanfaat sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

3. Konsumsi makanan sehat
Kita harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi, terlebih untuk menyehatkan jantung kita. Makanan yang menyehatkan jantung harus mengandung senyawa Fitonutrien. Senyawa ini terdapat pada anggur, kacang, kubis, bawang, apel, buah berry.

Hindari makanan cepat saji dan yang berbahan pengawet karena dapat memacu untuk terkena penyakit jantung, selain itu juga bisa menyebabkan obesitas. Jagalah berat badan agar selalu ideal.

4. Hindari rokok dan alkohol
Berbahagialah teman-teman yang tidak merokok. Bagi yang tidak merokok janganlah sekali-kali untuk merokok. Dan bagi teman-teman yang merokok bisa untuk segera berhenti merokok. Sulit memang untuk berhenti merokok secara instan. Namun dengan keinginan yang kuat saya yakin bisa untuk segera berhenti merokok. 

Yang tidak kalah pentingnya juga adalah tidak mengkonsumsi alkohol dan minuman bersoda. karena dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner.

5. Minum air putih yang cukup
Dengan asupan air putih yang cukup ke dalam tubuh maka air yang diminum akan diserap ke dalam aliran darah yang bisa menurunkan ketebalan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung akibat pembekuan darah. Biasakanlah minum air putih minimal 8 gelas sehari.

6. Hindari Stres
Hindari stres yang berlebihan karena jika kita stres maka adrenalin yang menuju ke jantung akan bertambah yang mengakibatkan trombosit semakin lengket, akibatnya terjadilah penyempitan  pembuluh darah.

Juga jangan lupa tertawa ya, manfaatnya adalah untuk mengurangi stres dan merelaksasi otot-otot pada tubuh kita.

7. Periksa kesehatan secara rutin
Sehat belum tentu tidak sakit. Sakit bisa datang tanpa kita sadari karena kita beranggapan tubuh kita sehat dan baik-baik saja. Akumulasi sakit yang tidak kita sadari tersebut pada puncaknya akan langsung berakibat fatal pada kesehatan kita. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita secara rutin memeriksakan kondisi tubuh kita, agar kalau terdeteksi suatu penyakit bisa di antisipasi sejak dini.

Gaya Hidup Sehat untuk Jantung Sehat, Hidup Terasa Nikmat
Sumber Gambar

Kesimpulan

Penyakit jantung adalah serangan yang mendadak dan bisa menghampiri siapa saja. Oleh karena itu kita perlu membiasakan gaya hidup sehat untuk jantung sehat sejak dini. Tentunya kita semua ingin berumur panjang, namun umur panjang tidaklah mendatangkan manfaat jika kita tidak sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat maka jantung akan sehat juga sehingga kita berpeluang berumur panjang sehingga hidup kita bermanfaat bagi sesama. Makan terasa enak, tidurpun nyenyak. Dengan begitu hidup pun akan terasa nikmat. Tunggu apalagi, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk yang dapat beresiko penyakit jantung, terapkan gaya hidup sehat untuk jantung sehat.

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon