Mudik Asyik Dan Fantastik

jasadh.com - Seperti sebelumnya, 3 tahun yang lalu saya pernah posting tentang mudik . Namun fenomena mudik tahun ini pastinya berbeda dengan arus mudik 3 yang lalu lah ya. Coba dilihat, betapa meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dalam 3 tahun terakhir ini, dan pastinya meningkat juga jumlah pemudik. Tapi mempunyai tujuan yang sama, yaitu kembali ke kampung halaman masing-masing. Jangan tanya, kampungnya ada di halaman berapa?

Baca Juga :
    Seperti tulisan saya sebelumnya, persiapan umum untuk mudik adalah memastikan keadaan keamanan rumah yang akan ditinggal. Baik keamanan dari pencurian, ataupun keamanan kelistrikan. Kemudian persiapan stamina, khususnya bagi pemudik yang akan mudik menggunakan mobil atau kendaraan.

    Bagi pemudik yang menggunakan mobil atau motor, ada baiknya cek juga kondisi "kesehatan" mobil / motor. Kondisi mesin, kelistrikan, oli, air radiator, ban, ban serep, kunci roda, dongkrak, dan kelengkapan lainnya.

    Kemudian kenali jalur mudik yang akan di lalui. Kenali titk-titik rawan kemacetan dan rawan kecelakaan. Manfaatkan map digital dari aplikasi smartphone, karena ada aplikasi map yang bisa menampilkan kondisi kemacetan jalan secara real time. bagus nih buat senjata mudik.

    Dan yang ga kalah penting, jangan egois di jalanan gan. Keselamatan adalah hak setiap pengguna jalan. Saling menghargai sesama pemakai jalan adalah sikap yang baik. Tidak perlu tergesa-gesa sampai tujuan, yang penting keselamatan diri dan keluarga. Misal contoh kecil, kalo mau berbelok arah atau mau pindah lajur, mbok ya kasih tanda sen, jangan seperti ibu-ibu pemakai motor matic itu lho.

    Barang bawaan banyak?
    Boleh-boleh aja sih, tapi perhatikan juga dari sisi kenyamanan, keselamatan, dan keamanannya ya. Terutama bagi pemudik pemakai motor, jangan sampai overload beban deh, perjalanan jauh masa ya ga nyaman sama sekali. Berbahaya bagi diri sendiri dan juga bagi pengendara yang lain. Bukan berarti pemudik pemakai mobil bisa bawa barang satu rumah lho :-D.
    Sesuaikan kebutuhan saja, sesuaikan kapasitas bagasi. Kalaupun harus di rak atas, posisikan jangan terlalu tinggi, dan yang ringan aja ya, jangan barang yang berat-berat.

    Nikmati kondisi jalan. 
    Entah itu macet, jalanan rusak, atau yang lainnya, bawa santai saja jangan cepat emosi. Santai bersama keluarga, putar musik kesayangan, nyanyi bersama bisa menjauhkan rasa lelah dan penat. Jadikan mudik kali ini jadi Mudik Asyik dan Fantastik.

    Hati - hati di jalan, keluarga menunggu dirumah. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437H. Mohon maaf lahir dan bathin. Selamat bersilaturahmi dan kangen-kangenan bersama keluarga. 



    Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
    EmoticonEmoticon