TIPS Menyiasati Kenaikan Harga BBM dan Menghemat BBM

Kita baru saja mendengar pengumuman tentang kenaikan harga bbm yang dipatok pada kirasaran Rp8.500/liter untuk bensin dan Rp7.500/liter untuk solar. Banyak reaksi dari masyarakat terutama kalangan menengah-bawah sebagai bagian terbesar pengguna bbm subsidi ini, baik kalangan pemakai kendaraan bermotor, nelayan, industri rumahan dsb.

Namun, bagaimanapun, kenaikan harga bbm ini sudah diputuskan final dan mau tidak mau, senang atau tidak senang kita harus legowo untuk menerima keputusan ini meskipun dengan sangat berat hati, mengingat begitu besarnya efek yang ditimbulkan terutama disegala sektor perekonomian kita.

Sebagai rakyat kecil, yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah belajar menghemat pemakaian bahan bakar dengan berbagai cara serta mencari solusi tepat untuk menghadapi kebijakan kenaikan harga bbm ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan tips dan trik berikut ini yang semoga bisa bermanfaat untuk menghemat pemakaian bbm Anda, khususnya pemakai kendaraan bermotor.

Simak Juga :



TIPS dan TRIK MENGHEMAT BBM untuk kendaraan bermotor:

- Perhatikan selalu tekanan udara pada ban paling tidak 1 minggu sekali. Idelanya tekanan ban tidak terlalu rendah dan juga tidak terlalu tinggi

- Pergunakan AC pada saat-saat diperlukan saja

- Usahakan untuk men-service mesin secara berkala, termasuk kondisi filter bahan bakar, filter udara dan kebersihan mesin lainnya. Bila filter udara bermasalah tentu udara kotor akan ikut tercampur saat pembakaran sehingga hasil pembakaran mesin tidak sempurna dan berakibat pada boros bahan bakar, demikian juga dengan filter minyak.

- Pertimbangkan beban muatan serta kondisi jalan. Jangan terlalu memaksa kendaraan untuk memuat berbagai barang bawaan yang berat yang sekiranya bisa dipaket apalagi untuk perjalanan jauh, juga usahakan membuat rencana untuk menghindari jalan-jalan yang rawan kemacetan. Manfaatkan teknik Eco Mode bila Anda sudah tidak bisa memilih rute alternatif lantaran terjebak ditengah-tengah kemacetan.

- Perhatikan pola mengemudi. Jangan mengemudi terlalu agresif sehingga pola tekanan pedal gas menjadi tidak teratur dan tidak berpola, karena ini juga akan berpengaruh pada konsumi bahan bakar.

- Selain itu, masih banyak lagi tips dan trik dalam menghemat bbm yang berkenaan dengan pemilihan lokasi pengisian bahan bakar (SPBU), cara pengisian yang benar dsb sebagaimana yang dipaparkan pada tips dan trik menghemat bbm di http://ift.tt/1xUowCU

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon