Happy Father's Day


Selamat Hari Ayah. 
Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Karena figur ayah juga penting dalam keluarga, maka lahirlah hari ayah setiap tanggal 12 November, disamping hari ibu tanggal 22 desember. Lalu,kapan sih mulai ada hari ayah itu? siapa sih yang memprakarsainya?


Pemrakarsa Hari Bapak Nasional ini bukanlah kaum ayah. Melainkan para wanita. Kaum ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) menggelar deklarasi Hari Ayah pada 12 November 2006 di Pendapi Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah.
Ketua PPIP kala itu, Gress Raja mengatakan, Hari Bapak lahir karena figur ayah sebagai bagian dari keluarga juga memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. Bapak dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan piagam deklarasi Hari Ayah dan buku 'Kenangan Buat Ayah' kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia. Yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.


Power Metal - AYAH  

Lalu, apakah di luar negeri juga ada hari ayah? ya ada juga lah gan, misal di Serbia yang dirayakan setiap 6 Januari. Korea Selatan Hari Ayah diperingati setiap 8 Mei. Amerika Serikat, Jepang, dan India merayakannya setiap pekan ketiga di Bulan Juni.

 

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon