Benarkah Merokok itu Bukan Suatu Kebiasaan?

Benarkah Merokok itu Bukan Suatu Kebiasaan? - Anggapan selama ini merokok adalah suatu kebiasaan, dari kebiasaan itulah kadang disebut kecanduan. Ada yang kurang kalo belum merokok, apalagi kalo abis makan hehehe. Ato biasanya kalo lagi stress, dengan merokok bisa mejadi tenang. Kira-kira begitulah pandangan awam dari para smokers, termasuk saya hihihihihi....  


Tapi ada anggapan baru bahwa merokok ini bukanlah suatu kebiasaaan gan, melainkan suatu penyakit. Nah Lhooo...? Dikutip dari artikel disini, disebutkan bahwa merokok merupakan suatu penyakit yang bersumber dari kecanduan bahan kimia. 
Selengkapnya....



Menurut Carolyn Dresler, MD, MPA, merokok sama sekali tidak ada kaitannya dengan kebiasaan, gaya hidup apalagi kebudayaan. Dikatakannya bahwa merokok merupakan suatu penyakit yang bersumber dari kecanduan bahan kimia.

"Saya tidak percaya jika ada yang menyebut rokok merupakan masalah kebiasaan. Rokok menyebabkan kecanduan dan kecanduan itu adalah penyakit yang terjadi akibat reaksi kimia," tutur wanita yang menjabat sebagai associate director for Tobacco Products di Food and Drug Administration (FDA) Amerika ini, seperti ditulis Sabtu (8/11/2014).

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara Asia Pacific Lung Cancer Conference (APLCC) di Hotel Shangri-La, Kuala Lumpur, Malaysia. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh International Association for the Study of Lung Cancer (IASLC).

Pernyataan Dr Dresler bukan tanpa alasan. Nikotin yang terkandung dalam rokok memang diketahui dapat membuat kecanduan. Sebabnya, reseptor dalam otak sangat cepat menangkap nikotin yang masuk ke tubuh melalui aliran darah.

"Bayangkan saja, hanya dalam waktu kurang dari 1 menit nikotin sudah masuk ke otak dan menyentuh reseptor yang peka. Tentunya nikotin mempunyai efek membuat terjaga dan lebih fokus namun patut diketahui nikotin menyebabkan reseptor tersebut tumpul dan hanya akan bisa bekerja dengan tambahan nikotin lagi, yang tentunya hanya dapat masuk jika Anda merokok," urai Dr Dresler.

Pernyataan ini tentunya menepis anggapan sebagian orang yang mengatakan bahwa merokok merupakan kebiasaan sehingga sulit dihentikan. Tentunya jika diklasifikasikan sebagai penyakit, kecanduan merokok pun sangat mungkin disembuhkan.

Dikatakannya lagi bahwa sebenarnya lebih dari 50 persen orang yang sudah pernah merokok mengaku akan berhenti karena mengetahui bahayanya. Sayangnya, hanya 10 atau 20 persen saja yang dapat berhenti total. Sisanya akan kambuh lagi karena beberapa faktor.

"Yang pertama tentu saja iklan rokok yang sangat besar, terutama di negara-negara Asia seperti Malaysia dan Jepang. Yang kedua adalah karena ini penyakit yang menyebabkan kecanduan maka jika tak ada niat atau bantuan medis kemungkinan kambuhnya akan sangat besar," tuturnya.


Benarkah Merokok itu Bukan Suatu Kebiasaan?
Stop Merokok

Waduuuuuuhhh..... Gimana nih gansss, masih mo dilanjut kegiatan smoking nya...???

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon