Mengapa Ada Aplikasi Android Yang Tak Bisa Dihapus/Uninstall?

Pernah mengalami mau hapus aplikasi di android tapi tidak bisa? Lalu mengapa hal tersebut terjadi? Memang, ada aplikasi yang sekilas terlihat menarik di Google Play Store dan Anda tergerak untuk langsung mendownloadnya, dan mendapati bahwa aplikasi tersebut hanya menyenangkan untuk digunakan selama beberapa hari. Siklus seperti ini terjadi berulang kali, dan akhirnya ketika ada sebuah aplikasi penting atau game keren baru yang harus segera diinstall, memori internal atau SD card Anda sudah kehabisan ruang dan satu-satunya solusi adalah menghapus aplikasi-aplikasi tak penting tadi.

Sayangnya proses tersebut kadang tak berlangsung lancar, karena ada satu atau dua aplikasi yang di luar dugaan menolak untuk dihapus/uninstall. Pengalaman seperti itu bisa terjadi pada siapa saja, dan apa yang sebenarnya terjadi di dalam sistem sehingga membuat Anda gagal menghapus aplikasi tersebut?

Simak Juga :

Secara garis besar, hanya ada 2 macam kemungkinan yang menyebabkan masalah tersebut:

1. Aplikasi tersebut disetting sebagai administrator
Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi memiliki jabatan yang sama di Android OS. Beberapa di antaranya tak memiliki keistimewaan, sementara lainnya membutuhkan akses pada sejumlah fungsi atau database tertentu di dalam ponsel untuk bisa menjalankan fungsi utamanya.


Yang lebih hebat lagi, ada juga yang membutuhkan akses sebagai administrator, yaitu aplikasi-aplikasi yang mampu mengatur password, lock/unlock ponsel, melacak lokasi, serta berbagai macam fitur canggih lainnya. Untuk bisa menghapus aplikasi semacam ini, maka Anda harus menonaktifkan aksesnya sebagai administrator.

Untuk melakukannya, langsung saja akses Settings menu > pilih opsi Security > buka Device Administrator > lalu periksa apakah aplikasi yang ingin Anda hapus tadi dicentang. Jika ya, maka hilangkan tanda centang untuk mematikan aksesnya sebagai administrator. Setelah selesai, segera kembali ke opsi Applications untuk menghapus aplikasi yang diinginkan.


2. Aplikasi tersebut adalah bloatware atau bagian dari Android OS
Jika Anda masih asing dengan istilah bloatware, nama ini adalah sebutan untuk sejumlah software yang disertakan secara pre-loaded oleh produsen ponsel dan juga perusahaan operator seluler rekanannya. Beberapa pihak menganggap aplikasi-aplikasi tersebut cenderung tidak ada gunanya. Yang menjengkelkan, aplikasi-aplikasi tersebut tidak bisa dihapus karena dilabeli sebagai bagian dari OS secara keseluruhan.


Sekalipun tak bisa dihapus, ada opsi untuk meminimalisir dampaknya, yaitu dengan menonaktifkan aplikasi tersebut. Lewat cara ini, aplikasi bloatware tidak akan mengkonsumsi system resource (memori RAM, baterai dan juga pemrosesan perintah di background) dari ponsel kecuali space di memori internal.

Caranya, akses Settings menu, pilih Applications, lalu lihat aplikasi tersebut dilengkapi dengan opsi Disable atau Turn off. Jika ada, maka pilih opsi tersebut untuk mematikan fungsinya. Anda masih akan bisa memanfaatkannya di waktu mendatang dengan cara mengaktifkan aplikasi tersebut di halaman yang sama.


Begitulah, semoga bermanfaat.

1 komentar so far

Buy & sell new and used iPhones.
Wide selection of new and used iPhones for sale.
More at iphone 4 used for sale

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon