Google Mengaku Telah Hapus Puluhan Ribu Foto Pribadi Selebritis dari Layanannya

Google menunjukkan keseriusannya dalam mengurangi dampak tersebarnya foto-foto pribadi selebriti Hollwood di internet. Mereka mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja keras, menghapus puluhan ribu foto dari layanan pencarian, segera setelah mereka menerima permintaan. Tindakan ini dilakukan Google setelah terancam tuntutan 100 juta Dollar Amerika dari para pengacara yang mewakili selebriti yang merasa dirugikan dengan dicurinya serta disebarkannya foto-foto pribadi mereka di internet.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh ZD Net, Google merespon permintaan para pengacara untuk menghapus foto-foto klien mereka yang tidak seharusnya dikonsumsi publik dengan mengatakan bahwa personel Google telah bekerja berjam-jam untuk memenuhi permintaan tersebut. Sebagai tambahan, ratusan akun juga telah dibuang dari website milik Google, seperti YouTube dan Blogger. Raksasa search engine tersebut menutup pernyataan mereka dengan sebuah kata-kata bernada filosofis, “Internet digunakan untuk banyak hal baik. Mencuri foto-foto pribadi orang lain tidak termasuk di dalamnya.”

Basis dari ancaman tuntutan terhadap Google adalah karena mereka tidak mengikuti aturan Digital Millennium Copyright Act, yang mengharuskan foto-foto harus segera diturunkan bila memang diminta oleh pemilik aslinya. Para pengacara yang mewakili selebriti-selebriti menegaskan bahwa Google secara langsung mengambil keuntungan dari foto-foto yang dicuri dari para korban, yang akhirnya menjadi sebuah tuntutan ganti rugi sebesar 100 juta Dollar Amerika.






Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon