CyanogenMod 11 Sukses Diporting ke Ponsel Android One

Nama MediaTek boleh jadi masih asing untuk pasar smartphone di Eropa. Namun untuk kawasan Asia (terutama China), MediaTek merupakan produsen kebanggaan dalam negeri yang produknya telah memberikan solusi untuk produk-produk canggih berharga terjangkau. Jika sebelumnya produk smartphone yang menggunakan prosesor MediaTek cenderung jarang mendapatkan dukungan untuk sejumlah custom ROM populer buatan para developer di luar kawasan Asia, hal tersebut tampaknya mulai berubah akhir-akhir ini.

Setelah kemarin Meizu MX4 yang menggunakan prosesor MediaTek MT6595 tampak telah mampu menjalankan Ubuntu Touch, kini ganti giliran CyanogenMod untuk hadir di ponsel murah Android One. Para developer di forum XDA telah sukses memporting ROM CyanogenMod 11 untuk 3 buah smartphone dari lini Android One (Spice Dream Uno, Karbonn Sparkle V & Micromax Canvas A1), dimana ketiga-tiganya sama-sama menggunakan prosesor buatan MediaTek.


Seperti biasa, mengingat ROM ini masih dalam tahap awal pengembangan, maka mayoritas fitur yang berbasis pada hardware masih belum bisa berfungsi, seperti tidak adanya dukungan untuk konektivitas dual-SIM dan juga data seluler. Bug-bug tersebut akan diselesaikan secara bertahap, jadi para peminat dianjurkan untuk rutin mengikuti perkembangannya di forum XDA.


Well, mengingat lini Android One baru akan hadir di Indonesia tahun depan, semoga saja ROM CyanogenMod 11 telah selesai dikembangkan ketika produk-produk smartphone Android One resmi beredar di Indonesia.


Source









Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon