AWAS..!! Bahaya Pakai Ponsel dan Tablet Sekaligus

Saking banyaknya pekerjaan, terkadang ada orang-orang yang menggunakan beberapa gadget untuk mengerjakannya, ya komputer, ponsel, dan tablet. Padahal menurut sebuah penelitian, multitasking dengan beberapa perangkat sekaligus bisa membuat otak menyusut lho.

Hal ini dikemukakan ahli saraf Kep Kee Loh dan rekannya, Dr Ryota Kanai dari Sackler Centre for Consciousness Science, University of Essex. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang memakai lebih dari satu gadget sekaligus dalam satu waktu akan mengalami perubahan pada struktur otaknya.

Hal ini dibuktikan peneliti dengan mengamati struktur otak dari 75 orang yang kerap memakai gadget seperti tablet, ponsel pintar, dan TV untuk mendapatkan informasi, menggunakan scan MRI.

Hasilnya, terlepas dari apapun kepribadiannya, partisipan yang rutin menggunakan beberapa media sekaligus cenderung memiliki kepadatan otak yang lebih rendah ketimbang orang yang memakai satu gadget dalam satu waktu.

Bagian mana yang berubah? Menurut peneliti, yang berubah dari otak mereka adalah bagian gray matter-nya, yakni anterior cingulate cortex. Padahal bagian inilah yang berperan penting dalam mengatur kemampuan kognitif seseorang dan mengendalikan aspek emosional mereka.

"Masalahnya multitasking dengan menggunakan beberapa media sekaligus makin sering terjadi dalam masyarakat kita sekarang ini. Itulah mengapa kami makin khawatir ini akan berdampak terhadap kemampuan kognitif masyarakat kita," tutur Loh seperti dikutip dari NY Daily News, Kamis (2/10/2014).

Terlepas dari itu, Loh mengaku tak mengetahui secara pasti bagaimana mekanismenya hingga multitasking dapat mengubah struktur otak seseorang.

Penelitian sebelumnya mengatakan multitasking dengan menggunakan beberapa gadget sekaligus juga dituding menyebabkan orang yang melakukannya mudah cemas dan depresi. source

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon