Waaah Ada Bola Batu yang Aneh di MARS

Kendaraan penjelajah Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di Planet Mars, Curiosity, kembali menemukan penampakan aneh di sekitar permukaan planet Merah itu. 



Terakhir, hasil pemotretan kamera Mastcam Laboratorium Sains Mars (MSL) Curiosity yang diambil pada 11 September lalu menunjukkan adanya bola batu yang aneh, melansir Discovery News, Kamis 25 September 2014.  



Dari pemandangan sekilas, bola batu berdebu itu yang terletak di atas batuan datar tersebut, tampak seperti meriam tua, atau bola golf kotor. Namun, tentunya bukan benda seperti itu. Keanehan yang terlihat, kenapa bola batu itu muncul di atas batuan datar.



Menanggapi penampakan aneh itu, ilmuwan MSL di fasilitas Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, Amerika Serikat, menjelaskan bola batu itu sebenarnya tak sebesar yang diperkirakan. Bola hanya lebar sekitar satu centimeter saja. 



Ilmuwan menjelaskan, kemungkinan asal usul kemunculan batu itu terbentuk selama pembentukan batuan sedimen, saat Mars berlimpah cairan air pada jutaan tahun lalu. 



Ilmuwan menambahkan, pembentukan batuan sedimen di Mars mirip dengan pembentukan batuan sedimen yang ada di Bumi, yaitu melalui intekasi perjalanan air cair dan material deposit. 



Disebutkan, dalam pembentukan batuan sedimen yang baru, pori-pori batuan tercipta dan mineral meresap ke pori-pori. Pola ini, secara bertahap membangun massa yang tahan erosi. Nah, saat batuan sedimen lunak mengalami pengikisan, tetapi perwujudan bola batu itu tetap bertahan. Bola batu tetap terbentuk tak terkikis, meski bentuknya yang bulat bisa bergerak dari waktu ke waktu. 



Saat ini, kendaraan penjelajah Curiosity tengah mengeksplorasi dasar Gunung Sharp, lokasi yang menjadi pusat eksplorasi Curiosity sejak mendarat di Mars pada dua tahun terakhir. 



Selama kurun eksplorasi itu, Curiosity memang menemui sejumlah penampakan aneh di permukaan Mars, mulai dari adanya penampakan blueberry, batu berwajah, dan batu seperti tikus, serta penampakan lainnya.



Bahkan, satelit NASA yang mengorbit di sekitar Mars, Mars Reconnaissance Orbiter, belum lama ini menangkap adanya penampakan batu yang berjalan di lereng Mars.

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon