Stephen Hawking: Sains Lebih Meyakinkan dari Tuhan

jasadh.blogspot.com


Pakar fisika terkenal dunia, Stephen Hawking kembali menegaskan pemikirannya tentang keberadaan penciptaan alam semesta. Dalam sebuah wawancara, ia mempertegas pernyataan kontroversial yang selama ini disampaikan seputar teori penciptaan. 

Melansir IBTimes, Senin 29 September 2014, Hawking kembali menyatakan bahwa tuhan tidak ada serta keajaiban ataupun mukjizat yang dikenal dalam tradisi agama, sesungguhnya tidak terkait dengan ilmu pengetahuan. 

Fisikawan Universitas Oxford itu menyampaikan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Spanyol, El Mundo yang dilaporkan Cnet. Ia mengatakan alam semesta merupakan hasil fenomena ilmiah bukan fenomena spiritual. 

"Sebelum kita memahami ilmu pengetahuan, wajar kalau kita meyakini Tuhan lah yang menciptakan alam semesta. Tapi sekarang sains menawarkan penjelasan yang lebih meyakinkan," kata Hawking. 

Pada kesempatan itu, Hawking juga menjelaskan pemikirannya yang menyatakan teori ilmiah akan memandu manusia mengetahui 'pikiran tuhan'. 

"Yang saya maksud dengan mengetahui pikiran Tuhan adalah kita akan tahu segala sesuatu yang Tuhan akan ketahui, tapi jika ada Tuhan. Nyatanya Tuhan tidak ada. Saya seorang atheis," ujarnya. 

Ia meyakini semua realitas yang ada di dunia ini bisa dijelaskan dengan teori ilmiah. 

"Tidak ada aspek realitas di luar jangkauan pikiran manusia," katanya menjelaskan. 

Pandangan ekstrim Hawiking tentang tuhan itu sudah pernah disampaikan sebelumnya. Pada sebuah pidato April tahun lalu, pada kuliah umum berjudul "The Origin of the Universe" di California Institute of Technology, Amerika Serikat.

Saat memasuki ruangan auditorium, Hawking langsung menanyakan kepada para peserta yang datang. Mengapa kita di sini? Ia pun mengatakan, saat ini masih banyak orang yang merasa bahwa Tuhan ada di balik penciptaan alam semesta. Tanpa meninjaunya dari sisi ilmu pengetahuan.

"Apakah Tuhan lakukan sebelum menciptakan alam semesta? Dan apakah Dia (Tuhan) menyiapkan neraka untuk orang-orang yang menanyakan pertanyaan itu," kata Hawking saat itu.



sumber viva



http://jasadh.blogspot.com/2014/09/stephen-hawking-sains-lebih-meyakinkan.html

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon