Perbedaan Otak Laki-Laki dan Perempuan

Kerja otak layaknya sistem komputer yang dapat menyimpan ratusan hingga ribuan informasi. Semua otak manusia diciptakan memiliki fungsi yang sama.
Lalu adakah bedanya antara otak yang dimiliki laki-laki dan perempuan?Menurut pakar sains dan teknologi BBC, Dr Michael Mosley, otak dibentuk dan dipengaruhi oleh hormon-hormon sejak masih dalam kandungan.
Hal itu membantu menjelaskan mengapa laki-laki cenderung untuk lebih baik di beberapa pekerjaan, sedangkan perempuan cenderung untuk berbuat lebih baik pada hal-hal yang berhubungan dengan perasaan atau empati."Namun tentu saja masih banyak hal lain yang mempengaruhinya, termasuk pengaruh sosial yang terjadi," tutur Dr Mosley.Hanya saja, hal berbeda disampaikan oleh Professor Alice Roberts.
Ia mengatakan bahwa ada hal-hal lain yang mempengaruhi perkembangan otak, termasuk bagaimana tes dilakukan dan hasilnya. Ia khawatir bahwa pernyataan Dr Mosleysoal otak perempuan dan laki-laki akan menurunkan minat perempuan terjun ke dunia sains."Kita hidup di negara yang memiliki sedikit wanita ahli fisika level A, dan hanya 7 persen insinyur wanita" ungkap Alice, dikutip dariBBC, dan ditulis pada Selasa (30/9/2014).
Ada pendapat lain yang mampu mendukung pemikiran sebelumnya yaitu pendapat Profesor Simon Baron Cohen dari Universitas Cambridge. Menurutnya secara umum, ada dua jenis otak yang berbeda, yaitu empatiser dan sistemiser."Empatiser merupakan jenis otak yang pandai mengidentifikasi bagaimana orang lain berpikir atau merasa. Sedangkan sistemiser adalah jenis otak yang dimiliki oleh orang-orang yang lebih tertarik untuk mencoba membongkar dan menganalisis sistem," jelas Simon.Fakta lainnya yang menunjukkan perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan adalah hasil penelitian para ilmuwan di University of Pennsylvania, di mana mereka mengamati otak dari 949 pria dan wanita. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan sejak usia delapan hingga 22 tahun.Menurut salah satu peneliti, Profesor Ruben Gurr, laki-laki menunjukkan hubungan kuat antara depan dan belakang otak mereka. "Laki-laki lebih mampu menghubungkan apa yang mereka lihat dengan apa yang mereka lakukan. Sedangkan perempuan memiliki lebih banyak kabel antara belahan kiri dan kanan otak," tambahnya.

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon