Misteri Hilangnya Huruf 'i' di Apple Watch

 Kemunculan jam tangan pintar Apple sepertinya berbeda dengan kemunculan produk lainnya. Prediksi banyak orang, produk tersebut akan dinamai iWatch namun ternyata menjadi Apple Watch.



Prefik 'i' memang telah mewarnai hampir seluruh produk Apple, bahkan menjadi merek dagang mereka. Mulai dari ponsel sampai tablet. Namun dalam peluncuran iPhone 6 lalu, yang bertema 'Bab Baru Sejarah Apple', CEO Apple Tim Cook sepakat untuk menyebut produk Apple sebagai Apple.



Namun begitu, langkah Apple untuk tidak menyematkan prefik 'i' pada produk terbarunya bukanlah tanpa alasan. Meski belum ada konfirmasi jelas dari pihak Apple namun beberapa ahli branding mengatakan bahwa langkah ini merupakan pesan Apple kepada masyarakat bahwa mereka ingin melangkah ke wilayah yang baru.



Pengamat branding yang lain menganggap ini merupakan langkah signifikan Apple untuk membedakan produk utama dengan asesoris pendukung. Jam Tangan Apple dianggap sebagai asesoris karena penggunaannya masih membutuhkan perangkat iPhone atau iPad.



"Jam tangan ini lebih bisa dibilang sebagai aplikasi pendukung ketimbang produk yang berdiri sendiri. Mereka sedang meniti langkah yang berbeda dibanding apa yang telah mereka lakukan dalam 4 tahun belakangan," kata Presiden Brand Keys, Robert Passikof, perusahaan konsultasi brand yang berbasis di New York, seperti dikutip IBN Live, Kamis 11 September 2014.



Founder dan CEO Gallant, Chris Kocek mengatakan, bisa jadi huruf 'i' tidak disematkan di Apple Watch karena khawatir telah ada orang lain yang menggunakannya lebih dulu. Contohnya, di 2006 lalu, Apple TV sejatinya dinamai iTV namun ternyata perusahaan penyiaran di Inggris telah menggunakannya lebih dulu. Akhirnya pada 2007 nama iTV diganti menjadi Apple TV.



Tim Cook selama ini memang selalu dibayang-bayangi oleh sosok Steve Jobs. Bahkan pada saat peluncuran iPhone 6, mereka memilih lokasi di Flint Center Avenue, di mana Jobs pernah memperkenalkan Macintosh puluhan tahun lalu.



Kini, perusahaan yang pernah meluncurkan smartphone di tahun 2007 dan tablet di tahun 2010, sekali lagi ingin terjun ke ranah yang berbeda. Data IDC memprediksi, 42 juta jam tangan pintar akan terjual di 2015. Angka ini pernah diraih Apple dalam kurun 3 bulan saat menjual iPhone.



Keuangan Apple memang kurang baik dalam beberapa waktu belakangan. Analis memprediksi, penjualan jam tangan ini bisa saja ikut membantu memperbaiki keuangan Apple, setidaknya mengembalikan kembali reputasi Apple yang sarat dengan inovasi.





via vivatekno

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon