Ini Dia Detil Terbaru Chip A8 di Dalam iPhone 6

Sejak peluncurannya di awal September lalu, Apple hanya sebatas memberikan keterangan umum tentang spesifikasi hardware yang digunakan di dalam iPhone 6 & 6 Plus. Untuk Anda yang penasaran dengan jeroan di dalam iPhone 6, Chipworks kebetulan baru saja melakukan teardown untuk mengungkap informasi seputar prosesor dan juga berbagai komponen lain yang digunakan di dalam iPhone 6.

Dari hasil pemindaian via x-ray, chip A8 di dalam iPhone 6 bisa dipastikan diproduksi oleh TSMC lewat proses produksi 20nm. Mengulangi prestasi mereka tahun lalu; jika tahun lalu chip A7 merupakan chip mobile 64-bit pertama di dunia, chip A8 merupakan chip 20nm untuk perangkat mobile pertama di dunia. Chip A8 juga 13 persen lebih kecil ketimbang A7, padahal memiliki jumlah transistor yang hampir 2x lipat ketimbang pendahulunya, yaitu antara 1 miliar - 2 miliar.

Apple juga menggunakan sistem penamaan yang berbeda di chip A8; jika sebelumnya menggunakan angka ‘98’ di bagian akhir (chip A5 menggunakan nomor APL0498), kini Apple menggunakan angka ‘11’ (APL1011). Chip A8 didukung oleh 2 buah core Cyclone yang terletak di pojok kanan bawah, sementara cluster GPU tampaknya telah berpindah ke bagian kiri bawah.

Untuk bagian kamera, Apple masih menggunakan sensor 8MP buatan Sony (lengkap dengan sensor Exmor RS serta backside illumination) dengan ukuran pixel standar yaitu 1,5 micron. Perubahan kini terletak pada axis x & y yang lebih besar, sementara ukuran tinggi vertikal masih tetap sama dengan yang digunakan di iPhone 5s. Apple tampaknya kini menggunakan ‘Focus Pixels’ atau yang lebih umum disebut sebagai ‘phase detection pixels.’ Jika dilihat sekilas, kamera iSight di iPhone 6 tampaknya memiliki jumlah pixel yang jauh lebih banyak ketimbang kamera di Galaxy S5.

Jika Anda berminat untuk membaca ulasannya secara menyeluruh, langsung saja baca artikel selengkapnya di Chipworks.

Source via Phone Arena









Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon