Ternyata Sering Stres Bisa Bikin Gula Darah Naik

Ternyata Sering Stres Bisa Bikin Gula Darah Naik. Banyaknya permasalahan dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari kerap membuat seseorang menjadi rentan stres. Jika Anda salah satunya, segera alihkan pikiran dan mencari hiburan. Sebab sering stres juga bisa membuat gula darah naik lho. Menurut Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dr Em Yunir, SpPD-KEMD, stres dapat merangsang peningkatan hormon stres dalam tubuh. Nah, peningkatan hormon ini juga dapat memicu kenaikan kadar gula darah.



"Untuk mengantisipasi stres, cari cara untuk meredam jangan sampai stres mempengaruhi emosi. Kalau tidak nanti hormonnya semakin tinggi," terang dr Yunir, dalam konferensi pers dan ditulis pada Jumat (26/9/2014). Meskipun efeknya mungkin tak muncul secara cepat, namun jika stres dibiarkan terus-menerus dalam jangka panjang maka pengaruhnya akan segera terlihat. dr Yunir juga mencontohkan begadang sebagai salah satu pemicu stres.

"Walaupun bukan begadangnya yang bikin stres. Tapi kan menahan kantuk gara-gara bergadang bekerja itu bisa memicu stres juga," lanjutnya.

Stres dibagi menjadi dua, yakni stres akut dan stres kronis. Stres akut mungkin biasa Anda alami sehari-hari, bisa berupa masalah di kantor atau mungkin dengan pasangan. Setelah masalah terselesaikan, maka saat itu pula kondisi stres yang Anda alami akan mereda dan pikiran kembali normal.

Lain halnya jika masalah yang ada membuat rasa stres ini muncul cukup lama, bahkan bisa sampai berbulan-bulan. Situasi ini disebut sebagai stres kronis dan inilah yang kemudian bisa menimbulkan berbagai risiko penyakit.

Meskipun belum terbukti secara adekuat, stres kronis yang dibiarkan berlarut terlalu lama juga berkaitan dengan beberapa risiko penyakit seperti depresi, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit autoimun. Stres pun terbukti memainkan peran utama dalam penyebaran tumor ke bagian tubuh lain. Ya, hormon adrenalin dan stres fisik dapat mengubah lingkungan tempat tumor tumbuh. Keduanya bertindak sebagai 'pupuk' yang mendorong kanker payudara menjadi semakin menyebar.


Sudah saatnya untuk menjaga kesehatan kapanpun dan dimanapun. Jagalah kesehatan sedini mungkin untuk hidup yang lebih bahagia bersama keluarga tercinta. Jangan lewatkan artikel Cara mengatasi anak susah makan dengan laperma platinum. Demikian tadi artikel mengenai Ternyata Sering Stres Bisa Bikin Gula Darah Naik, semoga bermanfaat.

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon