Dengan "OK Google", Hasil Pencarian Pun Muncul

jasadh.blogspot.com news - Meningkatnya kemampuan berbagai perangkat cerdas yang ada saat ini membuat Google terus menciptakan inovasi baru. Sebagai mesin pencari yang menjadi andalan pengguna internet dunia, Google menyematkan fitur baru di Google Search.



Aplikasi Google App, yang sebelumnya disebut Google Search App, ini dirancang khusus untuk seluler dan memudahkan pengguna untuk mengetahui berbagai informasi dengan perintah suara. Aplikasi ini dianggap cukup berguna bagi para pengguna saat tidak bisa berkonsentrasi pada smartphone-nya.



Pengguna bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan hanya dengan menekan ikon mikrofon di kotak penelusuran, atau mengucapkan "OK Google", dan langsung bertanya dalam bahasa Indonesia. Pengguna akan langsung mendapatkan jawaban instan akan pertanyaan yang diajukan.



Pertanyaannya yang diajukan meliputi banyak hal, termasuk petunjuk jalan, biodata tokoh, tips, resep masakan, hingga tugas matematika.



"Jutaan orang Indonesia bergantung pada smartphone dan tablet untuk mencari informasi setiap harinya. Google ingin membantu menjawab pertanyaan Anda secara langsung untuk menghemat waktu dan memudahkan Anda saat tidak dapat fokus dengan smartphone, seperti saat sedang berkendara, memasak, atau berlari di atas treadmill," kata Amy Kunrojpanya, Head of Communications and Public Affairs Google Asia Pacific kepada VIVAnews saat ditemui di Peluncuran Google App di FX Mall, Jakarta, Selasa, 16 September 2014.



Amy juga menjelaskan bahwa pertanyaan langsung juga dapat diajukan dalam lebih dari 30 bahasa. Seluruh jawaban didapat Google dari Web dan Knowledge Graph Google (KGG).



KGG adalah sebuah peta data komprehensif yang terstruktur mengenai berbagai hal, baik tokoh, tempat, dan hal-hal lain di dunia yang saling berhubungan. Peta data tersebut membuat siapa pun dapat bertanya ke Google secara bertahap tanpa harus mengulang kata yang telah diucapkan.



Dia mencontohkan, jika pengguna bertanya "Who is Jokowi?", lalu pertanyaan terkait Jokowi tak perlu lagi mengulang objek yang dimaksud.



"Cukup menggunakan kata ganti, misalnya 'Who is his wife?. Secara instan, Google akan mengerti dan akan langsung menjawab pertanyaan tersebut menggunakan suara," kata Amy.



Selain jawaban bersuara, Google juga akan menampilkan hasil pencarian mengenai Iriana Joko Widodo termasuk biodata, artikel, foto, dan video serta informasi lainnya.



"Untuk pertanyaan yang dilontarkan, saat ini masih harus menggunakan bahasa Inggris. Ke depannya kami akan mencobanya dalam berbagai bahasa lainnya," ujar Amy.



Aplikasi baru tersebut dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android atau dari App Store bagi pengguna iOS. (art)





sumber viva

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon