Bermasalah, Apple Tarik Pembaharuan iOS 8

jasadh.blogspot.com
Sepekan usai merilis sistem operasi terbarunya, iOS 8, Apple merilis pembaharuan pertama yaitu versi iOS 8.0.1. Sayangnya pembaharuan itu dilaporkan banyak menimbulkan masalah.

Pada pembaharuan ini, Apple menerima keluhan dari pengguna yang mengatakan usai memperbaharui ke versi iOS 8.0.1, malah fitur penerimaan ponsel dan fitur TouchID pada iPhone mereka justru tak berfungsi. Meski Apple sudah langsung sigap dengan kerusakan itu, namun sudah banyak pengguna yang telanjur meng-update iOS 8 mereka. 

Melansir The Verge, Kamis 25 September 2014, pengguna mengatakan usai menginstal iOS 8.0.1, mereka menemukan mode airplane dan tombol power ponsel mati. Dampak itu juga tidak mengembalikan penerimaan ponsel sebagaimana awalnya. Sontak saja mereka langsung mengeluh di Twitter. 

"Yap, TouchID saya tidak bekerja dengan baik," tulis akun @jsnell menanggapi keluhan serupa dari pengguna iPhone di Twitter. 

Menurut laporan Wall Street Journal, Ryan Orbuch, desainer aplikasi juga mengeluhkan problem pembaharuan itu. Ia mengaku begitu menginstal, tapi menyadari penerimaan ponselnya jadi tak berfungsi dan fitur TouchID tak berjalan. 

"Seharusnya Apple tidak mengapalkan peranti lunak seperi ini," keluh Orbuch.

Namun demikian, kecacatan pembaharuan Apple itu diprediksi tak akan menggoyahkan kecintaan pengguna tas produk Apple. Sebab nama Apple sudah seakan sudah melekat di hati para pecintanya. 

"Problem itu akan memusingkan humas Apple, tapi itu tak akan mempengaruhi bagamana konsumen melihat Apple. Dan itu bukan tanda ada sesuatu yang secara mendasar salah pada Apple hari ini," jelas Carolina Milanesi, Kepala Penelitian di Knatar Worldpanel.

Tarik Pembaharuan

Menganggapi problem tersebut, Apple langsung sigap memberikan respons kepada penggunanya. Perusahaan besutan mendiang Steve Jobs itu mengaku sudah menarik pembaharuan dan menyelidiki masalah itu.

"Kami telah menerima laporan masalah terkait pembaharuan iOS 8.0.1. Kami secara aktif menyelidiki laporan ini dan akan memberikan informasi secepat yang kami bisa. Sementara ini, kami telah menarik kembali pembaharuan iOS 8.0.1," ujar juru bicara Apple. 

Menurut catatan Apple, versi iOS 8.0.1 dimaksudkan untuk memperbaiki berbagai problem termasuk menahan aplikasi HealthKit yang diperkenalkan pada pekan lalu, menangani masalah pada keyboard pihak ketiga, sebuah celah aplikasi yang mencegah beberapa aplikasi di kumpulan foto, meningkatkan kualitas fitur Reachability, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna iPhone 6 bisa mengeksplorasi layar besar iPhone terbaru cukup dengan satu tangan saja. 

Selain itu pembaharuan itu juga diposisikan untuk mengatasi masalah penggunaan data secara tak terduga saat pengguna menerima pesan MMS maupun SMS. 

Problem pembaharuan ini bukan pertama kalinya terjadi pada Apple. Pembaruan iOS  pada 2012 lalu juga menyisakan masalah, saat Apple memutuskan mengganti aplikasi pemetaan default, Google Maps, pada sistem operasi mereka.



Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon