Diagram Sederhana Ini Perlihatkan Timpangnya Pendapatan iOS & Android




gopego.com





Diagram Sederhana Ini Perlihatkan Timpangnya Pendapatan iOS & Android




Saat ini Android boleh jadi merupakan platform mobile OS terpopuler di dunia, dimana basis pengguna terbesar mereka berasal dari segmen low-end. Apple selama ini memang sudah seringkali mempermasalahkan sejumlah fitur buatan mereka yang diklaim telah dijiplak oleh para produsen Android, namun raihan mereka pada periode kuartal terakhir memperlihatkan bahwa Apple tampaknya tak perlu terlalu mengkhawatirkan serangan dari para produsen smartphone lain.


Statista baru saja merilis sebuah diagram sederhana yang mampu meringkas sekaligus menjelaskan peta kekuatan dari 3 platform mobile OS terbesar di dunia. Diagram tersebut menggunakan data dari hasil pengiriman ponsel selama kuartal ke-2 tahun 2014 dari masing-masing platform yang kemudian dikategorikan berdasar strata harga.


Sedikit flashback, data dari Strategy Analytics mengungkapkan bahwa para gabungan dari seluruh produsen Android berhasil mengirimkan 249,6 juta smartphone pada kuartal ke-2 tahun 2014. Grafis Statista menyatakan bahwa 19,82 persen dari jumlah tersebut merupakan produk high-end; artinya jumlah produk high-end yang beredar selama periode tersebut mencapai 49,47 juta unit. Untuk platform iOS, Apple mencatat pengiriman sebanyak 35,2 juta unit iPhone, dan 84,6 persen di antaranya merupakan produk high-end alias sebanyak 29,8 juta unit.


Mengingat betapa banyaknya produsen Android yang ada pada saat ini, dan jenis produk kelas high-end yang ada di pasaran juga begitu beragam, maka raihan tersebut terkesan tidak apa-apanya jika dibandingkan dengan iPhone. Gabungan dari SELURUH produk kelas high-end Android ‘hanya’ memiliki selisih 20 juta unit jika dibandingkan dengan iPhone.


Apple dan Google selama ini memang memiliki target yang berbeda dalam menaklukkan pasar smartphone; ketika Google membidik persentase pangsa pasar, Apple lebih mengutamakan tingkat keuntungan. Jadi sekalipun Android menguasai pangsa pasar smartphone dengan raihan 85 persen dari total pengiriman smartphone di periode lalu, Apple masih tetap jadi produsen yang terdepan di segmen high-end, dan segmen ini merupakan segmen yang menghadirkan tingkat keuntungan terbesar.


Source









Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon