SandPiper, Ubah Smartphone jadi Monitor Kesehatan Paru-paru


Smartphone dan alat kesehatan. Beberapa waktu terakhir perangkat mobile pintar ini memang menawarkan banyak fungsi tambahan yang sangat bermanfaat, termasuk dalam dunia medis atau kesehatan. Anda bisa mengukur suhu tubuh hingga kadar gula darah melalui smartphone dengan aksesoris tambahan. Yang baru kali ini, SandPiper, merupakan alat bantu untuk memudahkan pengguna smartphone memonitor kesehatan paru-paru mereka.

Dirancang sebagai spirometer yang simpel dan terjangkau, SandPiper merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk memonitor aliran udara yang melalui paru-paru. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya dengan memasangkan alat pada headphone jack perangkat, baik iOS maupun Android. Sebuah sensor di dalamnya kemudian akan menghasilkan listrik yang proporsional ke dalam kecepatan udara yang lewat melaluinya dan mengukur jumlah udara yang bergerak melalui pembuluh, kemudian menyampaikan informasi tersebut pada aplikasi pendamping.

SandPiper dapat mengukur parameter aliran udara tertentu, seperti kapasitas paru-paru, seberapa cepat paru-paru menghembuskan dan menghirup napas, berapa banyak udara yang dapat dihembuskan dalam 1 detik dan batasan dalam aliran udara.

Untuk mendapatkan informasi semacam ini bukanlah perkara mudah, dibutuhkan mesin yang kompleks dan menghabiskan ribuan dolar. Untuk SandPiper sendiri saat ini tengah berupaya menggalang dana melalui kampanye Indiegogo. Cukup dengan merogoh kocel $55, SandPiper sudah dapat dimiliki, dengan waktu pengiriman Desember tahun ini.









Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon