Ponsel dengan Chipset MediaTek Miliki SMS Bug, Sebabkan Shutdown & Reboot


jasadh.blogspot.com

Apakah Anda adalah memiliki ponsel Android yang di dalamnya menggunakan prosesor dari MediaTek? Jika ya, kabar berikut perlu Anda simak lebih lanjut: Korben; seorang blogger gadget asal Perancis, baru saja menemukan sebuah bug aneh di sejumlah ponsel yang menggunakan chipset MediaTek: ponsel-ponsel tersebut langsung shut down dan reboot ketika menerima SMS berisi tanda ‘=’ (tanpa tanda kutip).

Bahasa pemrograman di dalam chipset MediaTek tampaknya menempatkan tanda ‘=’ sebagai perintah untuk shut down & reboot. Bug ini memang bukan merupakan celah pengamanan yang memungkinkan hacker membobol data pribadi pengguna, namun keberadaannya membuat sebuah ponsel rawan mendapatkan serangan bom SMS yang berisi karakter ‘=’ dan akhirnya membuat ponsel tersebut sama sekali tak bisa digunakan.

Anda jelas tak mau ponsel Anda mendadak mati ketika menelepon atau browsing tiap kali ada SMS masuk yang memiliki tanda tersebut bukan?

Mayoritas ponsel yang tercatat memiliki bug tersebut adalah ponsel-ponsel yang beredar di China, dan beberapa di antaranya yang mungkin familiar di telinga Anda meliputi Alcatel (One Touch Idol X, One Touch Idol Ultra, One Touch 997D, One Touch Pop C3 (4033D), One Touch S-Pop (4030D), One Touch Star (6010D) serta Acer Liquid E 2 DUO.

Anda bisa mencoba untuk mengirim SMS ke nomor Anda sendiri untuk sekedar mencoba apakah ponsel MediaTek Anda juga memiliki bug tersebut. Jika ponsel Anda memang memiliki bug ini, solusinya sangat mudah: download aplikasi SMS lain di Google Play Store lalu atur agar aplikasi baru tersebut menjadi aplikasi default ketika Anda membuka SMS.

Source







Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon