Perluas Akses Internet, Google Akan Bangun 180 Satelit

jasadh

ilustrasi (foto: engadget) ilustrasi (foto: engadget) CALIFORNIA – Perusahaan mesin pencari, Google, sedang mempersiapkan membangun satelit yang jumlahnya mencapai 180 unit. Apa yang dilakukan Google ini sebagai upaya memperkuat penyebaran akses internet yang berbasis satelit di seluruh penjuru dunia.



Dalam keterangan yang dikutip dari engadget, Senin (2 /6/2014) menjelaskan bahwa tujuan dari pembangunan 180 satelit itu, agar akses internet yang selama ini sulit dijangkau di daerah-daerah terpencil akan menjadi lebih mudah terlayani.



Seorang juru bicara Google tidak membantah akan rencana tersebut, kendati demikian perusahaan belum merinci secara detil mengenai infrastruktur dan peralatan yang akan disiapkan.



Tetapi memang, kata juru bicara itu, dengan memiliki jangkauan internet secara merata yang bakal disebar ke seluruh penjuru masyarakat terpencil di dunia, akan membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri.



Meski terbilang ide gila, lantaran untuk membuat satelit itu tidak murah biayanya, tetapi perusahaan yakin dengan anggaran USD 1-3 miliar, keuntungan ke depan akan terbayarkan.



Nantinya, Google bakal memiliki layanan internet orbital yang memungkinkan akan berfungsi sebagai pelengkap Proyek Loon, yang merupakan penyedia data jarak jauh, yang melingkupi daerah-daerah terpencil, sulit dijangkau dan jarang penduduknya. Bukan hanya itu, melalui satelit internet ini akan memenuhi permintaan data yang lebih besar dari pengguna.

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon