Peneliti Bikin Robot Unik Bisa Dipanggang

jasadh

(Foto: Theverge) (Foto: Theverge) CALIFORNIA - Peneliti MIT baru-baru ini mengumumkan teknologi baru yang memungkinkan mereka membuat bagian tubuh robot. Bagian tubuh robot ini awalnya hadir dalam wujud polos dan saat dipanggang, material tersebut berubah bentuk sesuai dengan yang diharapkan pembuatnya.



Dilansir Theverge, Sabtu (31/5/2014), ilmuwan merancang khusus material, komponen yang dapat melekuk dengan sendirinya, dan dapat diproduksi melalui printer 3D. Dengan memanggangnya dalam oven, material ini bisa bertransformasi.



"Kami memiliki mimpi besar ini dari penyusun hardware, di mana Anda dapat menentukan, 'Saya ingin sebuah robot yang akan bermain dengan kucing saya atau saya ingin sebuah robot yang akan membersihkan lantai," ungkap Daniela Rus, Professor of Electrical Engineering and Computer Science di MIT.



Dalam sebuah laporan, peneliti menjelaskan bagaimana bentuk 3D yang dibuat melalui komputer dapat dicetak menggunakan bahan plastik self-folding. Peneliti juga mengungkap bagaimana komponen listrik bisa ditata untuk membuat fungsi robot setelah selesai proses pemanggangan.



Hasil akhir yang ingin dicapai ialah, membentuk robot melalui proses lipatan atau lekukan mirip origami. Peneliti harus membuat konfigurasi yang tepat agar bentuk yang dihasilkan sesuai dengan keinginan. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon