Internet Berteknologi Laser Hasilkan Koneksi Super Cepat

jasadh

ilustrasi ilustrasi CALIFORNIA - Sejumlah ilmuwan dari Intitute Teknologi Massachusetts (MIT) dan lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat (NASA), mengumumkan telah berhasil memancarkan data dari Bumi ke Bulan dengan kecepatan 622 megabit (atau setara dengan 78 MB). Hal itu akan membuat koneksi internet menjadi lebih cepat dari yang selama ini ada.



Bahkan menurut data yang dikumpulkan oleh Ookla dan Speedtest.net pada Januari lalu, proyek "Moonshot" ini akan membuat streaming data yang memiliki kecepatan lima kali lipat dari biasanya atau dari kecepatan internet rata-rata untuk layanan rumah tangga.



Pemancaran ini, seperti dilansir Yahoo, Senin (2/6/2014) dilakukan menggunakan laser bukan teknologi siaran radio atau router WiFi. Sebagai contoh, penelitian di University of Illinois tahun lalu menghasilkan terobosan dalam komunikasi laser, dengan kecepatan transfer data mencapai 40 gigabit, atau 5 GB per detik.



Sayangnya, penemuan ini masih memiliki kelemahan pada komunikasi real time. Apalagi dengan jarak yang sangat jauh tersebut (sekitar 400 ribu kilometer), membutuhkan waktu sekitar 1,3 detik bagi cahaya (dan laser) untuk mencapai permukaan bulan dalam satu tembakan langsung dari Bumi.



Jadi meskipun kecepatan koneksi ini akan memungkinkan Anda untuk men-download lebih cepat dari biasanya, namun mungkin komunikasi jarak jauh masih akan lelet karena waktu kendala lag tersebut.

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon