Smartphone Z3, Pertaruhan Masa Depan BlackBerry

jasadh

(Foto: PCPro) (Foto: PCPro) JAKARTA - BlackBerry telah meluncurkan smartphone terbaru, Z3 atau yang dikenal dengan BlackBerry Jakarta pada Selasa, (13/5/2014) di Indonesia. Smartphone ini ditujukan untuk pasar negara berkembang dengan banderol harga sekira Rp2,1 jutaan.



Launching BlackBerry Z3 'Jakarta' di Tanah Air menandakan bahwa perusahaan asal Kanada tersebut berusaha menggaet para penggemar handset BlackBerry di Indonesia. Perusahaan yang dipimpin oleh CEO John Chen ini berusaha menghidupkan kembali gairah smartphone BlackBerry yang sempat lesu di Indonesia.



Dilansir PCPro, Selasa (13/5/2014), handset ini dikemas oleh perusahaan manufaktur, Foxconn. Foxconn dikenal sebagai perusahaan yang merakit beberapa gadget seperti Apple iPhone dan iPad.



Handset dengan layar 5 inci ini mulai beredar di pasaran pada 15 Mei 2014. "Jika device ini membuat mereka (minat konsumen di Indonesia) tumbuh lagi, bahkan bila pertumbuhan itu kecil, pertumbuhan yang stabil, itu sukses (untuk BlackBerry) sendiri," kata Ryan Lai, analis pasar di konsultan IDC.



Ia mengatakan, masih ada ruang untuk BlackBerry di Indonesia. Namun, bos BlackBerry John Chen mengatakan, bila produk ini tidak diterima di pasaran, maka perusahan akan menghadapi isu negatif mengenai Blackberry.



"Jika pasar tidak menerima produk ini dengan baik, maka kita pasti memiliki beberapa isu negatif untuk (kita hadapi)," kata Chen di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta.



BlackBerry berharap bahwa Z3 bisa membangkitkan kembali pangsa pasarnya yang menurun di Indonesia, yang direbut oleh Apple iPhone dan Samsung Galaxy (Android). Z3 merupakan smartphone pertama yang diluncurkan saat perusahaan dipimpin oleh CEO Baru, John Chen pada akhir tahun lalu.



Produk terbaru ini diluncurkan pertama di Indonesia. Namun, secara bertahap akan diperkenalkan pula untuk pasar di negara lain.



"Dari konsep hingga pengiriman, BlackBerry Z3 Jakarta Edition dirancang khusus dalam pemikiran terhadap pelanggan Indonesia. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mengetik dalam Bahasa Indonesia dan hadir dengan BlackBerry Messenger, atau BBM Stickers menampilkan karakter lokal," jelas Chen. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon