Robot NASA Kumpulkan Sampel Batu di Mars

jasadh

(Foto: Nbcnews) (Foto: Nbcnews) CALIFORNIA - Robot NASA Curiosity mengoleksi sampel dari dalam sebuah batu di Mars untuk ketiga kalinya. Rover seberat satu ton ini melakukan pengeboran untuk mengambil sampel batu yang dinamakan Windjana.



Dilansir Nbcnews, Rabu (7/5/2014), robot buatan badan antariksa Amerika Serikat ini melakukan percobaan melubangi batu pada 29 April 2014. Lubang ini mencapai lebar 0,63 inci (sekira 1,6 centimeter) dan kedalaman 2,6 inci (sekira 6,5 centimeter).



Pada beberapa hari ke depan, Curiosity akan menggunakan instrumen ilmiahnya untuk menganalisis bubuk dari batu yang dikumpulkan selama operasi pengeboran. Kabarnya, warna dari batu yang akan dianalisis ini berbeda dengan batu yang dilihat pada pengeboran sebelumnya.



Menurut Jim Bell dari Arizona State University, batu terbaru ini memiliki warna lebih gelap dan sedikit merah. Tim memilih batu Windjana untuk meneliti material yang menyatukan butiran seukuran pasir dalam batu.



Robot NASA Curiosity mendarat di Mars pada Agustus 2012. Robot ini mempelajari apakah lingkungan Mars pernah memiliki kondisi yang cocok untuk kehidupan bakteri atau mikroba. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon