Robot 'Transformer' Bakal Jadi Kenyataan

jasadh

(Foto: Mashable) (Foto: Mashable) BERN - Ilmuwan di Ecole Polytechnique Federerale de Lausanne (EPFL) yang berbasis di Swiss mengembangkan robot yang dapat berubah-ubah bentuk. Roombots, robot ini bisa mengonstruksi tubuhnya sendiri.



Dilansir Mashable, Jumat (23/5/2014), robot ini dapat mengonstruksi dirinya sendiri serta berubah bentuk. Robot ini dikembangkan untuk dapat berubah bentuk menjadi perabotan atau mebel rumahan.



Roombots pada dasarnya merupakan modul robotika yang berukuran 6x6x6 inci dan memiliki berat 3 pounds. Mesin ini dilengkapi beberapa motor dan dibekali modul pencengkeram untuk menempel pada modul lainnya.



Ilmuwan Auke Ljspeert dari Biorobotics Laboratory EPFL di Swiss, Roombots bisa membangun dirinya sendiri menjadi furniture adaptif. Robot ini bisa berubah bentuk menjadi meja serta kursi. Roombots dibuat menjadi inovasi teknologi asisten manusia.



Robot inovatif ini kabarnya bisa diperintah melalui Bluetooth dan bekerja selama satu jam untuk satu kali pengisian baterai. Roombots juga dapat terhubung dengan modul pasif, seperti lampu, wadah atau kamera, selama perangkat tersebut memiliki lekukan khusus untuk menerima grip (cengkeraman) dari Roombots.

(ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon