NASA Bakal Kirim Astronot ke Mars

jasadh

(Foto: Slashgear) (Foto: Slashgear) CALIFORNIA - NASA merencanakan misi pengiriman manusia atau astronot ke Mars. Tidak seperti yang diberitakan sebelumnya, di mana astronot hanya bisa menempuh perjalananan satu arah, NASA berpikir agar astronot bisa kembali ke Bumi.



Dilansir Slashgear, Senin (19/5/2014), untuk membawa kembali manusia dari Mars ke Bumi, diperlukan cara dengan melibatkan oksigen yang diambil dari atmosfer planet merah. NASA memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Mars untuk menghasilkan energi yang cukup untuk membawa pulang astronot.



Metode ini dinamakan 'in-situ resource utilization' (ISRU). Strategi ini tampak berbeda dengan rencana misi luar angkasa, di mana NASA kabarnya akan meluncurkan robot rover pada 2020.



Robot baru yang lebih canggih ini akan mengikuti jejak Curiosity dengan mengambil sampel batu. Robot akan mencari sumber daya alami di Mars. Ini akan menjadi bagian dari proyek Advanced Exploration Systems Division di NASA.



"Jadi, kami akan melihat pada oksigen, secara khusus dan memisahkannya dari atmosfer di Mars," kata Jason Crusan, Kepala Advanced Exploration Systems Division, NASA.



Tujuan dari misi ini ialah mengubah beberapa karbondioksida atmosfer Mars menjadi oksigen. Dengan dihasilkannya oksigen, maka bisa mendukung untuk bernafas bagi astronot dan senyawa oksidator untuk bahan bakar perjalanan ke Bumi. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon