Mycorp, Aplikasi iPhone Dukung Pertanian

Ponsel pintar iPhone mengeluarkan aplikasi bernama Mycrop yang diciptakan untuk membantu petani mendiagnosa sejumlah masalah pada pertanian. Aplikasi ini sangat bermanfaat dan telah membantu sebagian besar petani di Australia Barat. Mereka telah menggunakannya untuk mendiagnosis gandum, dan sekarang dalam riset agar dapat digunakan juga untuk tanaman lain seperti, jelai (padi) dan kanola.


Mycorp, Aplikasi iPhone Dukung Pertanian
Mycorp, Aplikasi iPhone Dukung Pertanian


Dengan menggunakan smartphone, memungkingkan produsen untuk melihat masalah produksi argonomi dan area hanya melalui ponsel. Doug Sawkins, seorang petugas dari Departemen Pertanian Autralia mengatakan, aplikasi ini pertama kali dibuat untuk mendiagnosis tanaman gandung, namun sekarang diperluas mencakupi jelai dan kanola. “Saya mulai dengan gandum dan saya mulai dengan program komputer,” ucapnya seperti dilansir ABC, Senin (19/5/2014). Kini, aplikasi tersebut juga tengah dikembangkan untuk bisa dijalankan pada iPad dan iPhone.

Sawkins juga mengatakan bahwa setelah berhasil dengan gandum, kanola dan jelai, maka dia akan mengekspansi kemampuan aplikasi tersebut pada tanaman lain. Para konsultan sangat terkesan oleh aplikasi ini, karena para petani dapat menggunakannya sambil berada di lapangan untuk mengecek tanaman serta melakukan perbandingan.

“Kami punya 86 masalah untuk gandum dan lebih sedikit untuk kanola yaitu 60. Sementara terdapat masalah lain seperti nutrisi, penyakit, kerusakan herbisida, dan hama yang juga telah terdeteksi,” tutup Sawkins. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon