Jepang Siap Uji Coba Jaringan 5G

jasadh

Ilustrasi (Foto: Pcauthority) Ilustrasi (Foto: Pcauthority) TOKYO - Teknologi 3G masih masif digunakan di negara-negara di seluruh dunia. Operator mengupayakan untuk menghadirkan teknologi jaringan mobile yang lebih kuat, yakni 4G.



Namun di Jepang, salah satu raksasa operator NTT Docomo mulai menguji kemampuan 5G. Perusahaan asal Negeri Bunga Sakura ini mendaftarkan beberapa produsen handset seperti Samsung dan Nokia untuk dapat mendukung kemunculan 5G di Jepang.



Dilansir Pcauthority, Jumat (9/5/2014), NTT Docomo baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan percobaan di wilayah Yokosuka di Kanagawa Prefecture, Jepang. Kabarnya, perusahaan bekerjasama dengan beberapa produsen device lainnya, seperti Ericsson, Fujitsu, NEC, dan Alcatel-Lucent.



Ini baru merupakan uji coba dan diharapkan 5G akan meluncur pada 2020. Teknologi 5G diproyeksikan untuk dapat menawarkan kemampuan transmisi data 10Gbps+.



Docomo mengungkapkan, kemampuan 5G akan seribu kali lipat lebih cepat dari teknologi LTE yang ada saat ini. Percobaan ini akan dilakukan secara indoor atau di dalam ruangan R&D Center Docomo.



Sementara uji coba di ruangan terbuka atau outdoor akan digelar pada 2015. Kabarnya, Docomo menargetkan untuk memulai sharing data pada 2016, di mana operator bekerja untuk melakukan standarisasi 5G sebelum peluncuran resminya. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon