Intel Berbagi Tips Teknologi untuk Orangtua dan Remaja

jasadh

ilustrasi (foto: Intel) ilustrasi (foto: Intel) JAKARTA - Intel mengungkap beberapa tips teknologi untuk orang tua dan remaja. Berdasarkan riset, 95 persen remaja di Amerika Serikat telah akrab dengan internet atau online. Presentase ini konsisten sejak 2006.



Remaja ini bisa mengakses internet di tempat tertentu seperti cyber cafes (warung internet) atau menggunakan fasilitas hotspots publik. Para orangtua diimbau untuk dapat mengawasi serta memastikan buah hatinya aman saat berselancara di dunia maya.



Untuk membantu orangtua, Intel mengungkap beberapa tips guna membantu orangtua memahami dan mengelola hubungan antara remaja dan teknologi.



Memahami Cara Bersosialiasi Remaja Melalui Intenet
Orang tua harus memahami bahwa remaja menggunakan internet untuk bersosialisasi dan berbagi informasi dengan teman. Orangtua diharapkan bisa memahami cara berkomunikasi ini. Itulah mengapa sebagian besar remaja tetap dapat mengontak teman, mengerjakan tugas riset sekolah, bermain game dan tetap mengikuti berita terkini melalui teknologi saat ini.



Orangtua Bisa Belajar Teknologi dari Remaja
Orangtua di rumah bisa bertanya kepada anak atau remaja untuk memahami penggunaan teknologi. Remaja yang telah akrab dengan internet atau teknologi sejak kecil umumnya lebih paham dan bisa memberi tahu tentang penggunaan media sosial dan aplikasi dalam sistem operasi PC.



Menjaga Hubungan dengan Teman
Remaja yang aktif di platform sosial media seperti Facebook atau Instagram bisa mengetahui informasi dari temannya. Remaja bisa sebagai 'friends' atau 'followers', sehingga mereka bisa saling berinteraksi satu sama lain.



Sosialisasi Dampak Internet
Orangtua perlu mengingatkan remaja sebelum mereka mengklik atau mengakses website di internet. Semua yang diposting dapat disimpan, disalin atau dikirim dan disebarluaskan di dunia maya. Beri pemahaman kepada remaja bahwa internet atau aktivitas online bisa berpengaruh di dunia nyata (offline).



Berselancar di Dunia Maya dengan Cerdas
Ajari remaja tentang pentingnya berselancar di dunia maya secara anonim. Ini akan melindungi pengguna internet dan menghentikan website tertentu untuk bisa mengakses data personal pada PC remaja. Jangan pernah berikan nama lengkap, alamat rumah, nomor telefon, password dan detail informasi kartu kredit.



Teman Virtual
Ada manfaat bila memiliki teman di dunia maya. Sebab, bila bertemu secara tatap muka langsung, dianggap bisa lebih riskan terhadap kejahatan. Sehingga, beberapa ahli setuju hal terbaik ialah menjaga pertemanan secara online di dunia virtual



Laporkan Percakapan Online yang Tak Membuat Nyaman
Orangtua diharapkan bisa menjadi tempat bercerita saat remaja merasa tidak nyaman berkomunikasi secara online melalui sosial media. Bila tidak melapor pada orangtua, remaja bisa langsung melaporkan pada manager atau pengawas website.



Utamakan Keamanan
Pastikan Anda memiliki provider keamanan yang baik, yang berlisensi. Ini akan menjaga komputer Anda dari spyware dan website jahat. Program seperti Parental Controls yang hadir di perangkat teknologi bisa membantu menjaga remaja saat menggunakan internet.



Dilarang Menyontek
Komputer yang dikombinasikan dengan akses internet, memungkinkan remaja untuk mengetahui informasi. Remaja bisa terhubung satu sama lain, terutama pada saat mengerjakan tugas sekolah. Orangtua diharapkan bisa mendorong agar remaja mengerjakan pekerjaan atau tugas sekolah dari hasil keringat sendiri, bukan menyontek remaja lainnya.

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon