random

Indonesia Harus Percaya Karya Teknologi Anak Negeri

jasadh

Menristek Gusti Muhammad Hatta (foto: Feri Usmawan/Okezone) Menristek Gusti Muhammad Hatta (foto: Feri Usmawan/Okezone) JAKARTA - Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan sumber daya manusia yang sangat mumpuni. Bahkan untuk bersaing dengan dunia internasional, anak-anak bangsa ini tidak kalah hebat dan mampu menunjukkan hasil karya nyatanya.



Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Gusti Muhammad Hatta, pun tidak menyangkal akan kemampuan anak-anak Indonesia. Hanya saja, Gusti justru menyayangkan, masyarakat Indonesia sendiri yang kurang percaya dengan hasil-hasil karya cipta anak bangsa.



Menristek mengamini bahwa warga Indonesia memiliki kualitas tinggi dalam dunia teknologi, mengembangkannya, dan bahkan menciptakan suatu karya cipta. Ia pun juga mengakui bahwa teknologi hasil karya cipta anak bangsa ini jarang sekali terlihat digunakan secara massal oleh warga Indonesia sendiri. Menyikapi hal ini, Gusti memaparkan beberapa alasan terjadinya fenomena tersebut.



"Bisa ada dua sebab. Pertama orang Indonesia kurang percaya dengan buatannya sendiri, padahal orang luar mengakuinya," kata Gusti saat diwawancarai oleh tim Okezone beberapa waktu lalu. Yang kurang memercayai tersebut, lanjut Menristek, adalah masyarakat Indonesia secara luas dan juga para investor yang akan memproduksi secara massal.



Menurutnya, orang Indonesia saat ini lebih percaya kepada berbagai merek luar negeri ketimbang pabrikkan sendiri. Di lain hal, para investor juga kurang percaya terhadap kualitas karya cipta anak bangsa di bidang teknologi yang membuat proses produksi mandek dan karyanya tak dikenal oleh orang banyak.



"Sudah ada hasilnya bagus sampai prototipe tapi belum diproduksi massal," kata pria yang menyukai penganan berbahan dasar ikan ini.



Gusti mengatakan, sudah menjadi tugas pemerintah untuk memerkenalkan dan membujuk para pelaku industri untuk memproduksi berbagai hasil karya anak negeri. "Kita tak hanya berjuang dalam sisi teknologinya, tapi juga berjuang untuk meyakinkan orang-orang," tambahnya.



Mengenai tenaga-tenaga ahli tanah air, Gusti mengatakan, banyak yang sudah berhasil dan berkelas setara internasional. "Menurut saya orang kita itu hebat, namun kesempatannya yang kurang," kata Gusti.



Dalam menciptakan anak-anak bangsa berkualitas itu pun Kementerian Riset dan Teknologi mengalokasikan dana sebesar Rp1 triliun untuk program beasiswa ke luar negeri selama periode lima tahun masa jabatan.

(amr)




Indonesia Harus Percaya Karya Teknologi Anak Negeri Reviewed by agus jasadh on 15:49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Copyright © 2018 jasadh - All Rights Reserved

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.