random

Ilmuwan Bikin Bahan Bakar Jet Berbasis Solar

jasadh

(Foto: Gizmodo) (Foto: Gizmodo) CALIFORNIA - Ilmuwan mengklaim mampu menciptakan bahan bakar jet dari solar (tenaga matahari). Untuk pertama kalinya, teknologi ini memungkinkan penciptaan energi yang lebih ramah lingkungan.



Dilansir Gizmodo, Senin (5/5/2014), bahan bakar jet ini menggunakan energi matahari, air dan karbondioksida. Pada dasarnya, proses ini menghasilkan bahan bakar dari udara (thin air).



Teknologi ini memungkinkan pembuatan energi terbarukan untuk kendaraan transportasi seperti pesawat terbang, mobil dan lain-lain. Ilmuwan Eropa menerapkan simulasi untuk menciptakan energi inovatif tersebut.



Ilmuwan melibatkan simulasi sinar matahari pada suhu hampir 1.300 derajat Fahrenheit, mengonversi dan memisahkan air serta karbondioksida ke dalam gas sintetis. Gas ini berasal dari hidrogen serta karbon monoksida.



Gas sintetis ini bisa berubah menjadi minyak tanah. Ilmuwan mengembangkan temuannya ini selama empat tahun di bawah proyek SOLAR-JET.



Kabarnya, ilmuwan baru mampu membuat satu botol bahan bakar jet surya, tetapi pengembangan berikutnya diharapkan mampu menghasilkan lebih banyak bahan bakar jet bertenaga matahari.



Ilmuwan berusaha menyempurnakan teknologi untuk menghasilkan bahan bakar jet 20 ribu liter per hari. Jika para peneliti dapat melakukannya, maka mobil, pesawat dan kendaraan lainnya akan jauh lebih bersih serta murah. (ahl)




Ilmuwan Bikin Bahan Bakar Jet Berbasis Solar Reviewed by agus jasadh on 07:51 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan

All Rights Reserved by catatan mas jasadh © 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.