Facewatch, Aplikasi Cegah Tindak Kejahatan

jasadh

(Foto: BBC) (Foto: BBC) LONDON - Aplikasi bernama Facewatch dapat digunakan untuk membantu polisi maupun masyarakat mengurangi serta mencegah tindak kejahatan.



Aplikasi ini memungkinkan masyarakat mendapatkan gambar pelaku yang diduga melakukan kejahatan yang dikeluarkan oleh kepolisian.



Dilansir melalui Maidenhead, Senin (19/5/2014), dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat mengindentifikasi lebih awal pelaku maupun tindak kejahatan yang mungkin terjadi. Masyarakat pun dapat berperan dengan memberikan rincian, berupa nama dan alamat pada gambar tersebut lalu mengirimkannya kepada kepolisian.



BBC melaporkan, gambar mereka yang diduga penjahat akan dibagi melalui aplikasi tersebut dalam beberapa menit, ketika pelaku sedang tertangkap CCTV lengkap dengan infrormasi mengenai pelaku.



Garry Forsyth, asisten kepala polisi West Midlands mengatakan, aplikasi ini memungkinkan anggota masyarakat untuk mencari tersangka dalam radius tertentu dari lokasi tertentu, seperti alamat rumah atau kantor dengan melihat foto pelaku.



“Sistem ini telah terbukti sangat sukses di London di mana selama beberapa bulan pertama peluncurannya Facewatch telah di unduh sebanyak 100 ribu kali dan gambar yang dilihat lebih dari 8,5 juta kali,” ucap Garry



Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play. Namun sayangnya Facewatch baru dapat digunakan di Inggris. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon