random

Dijual Rp17 Juta, Biaya Produksi Google Glass Cuma Rp900 Ribu

jasadh

Berbagai komponen Google Glass. Berbagai komponen Google Glass. CALIFORNIA - Perangkat kacamata pintar Google Glass dijual ke pasaran dengan harga USD1.500 atau sekira Rp17 juta. Namun tahukah Anda bahwa Google hanya butuh Rp900 ribu untuk membuat satu unit Google Glass?



Situs perakitan perangkat, Teardown.com, mencoba membongkar kacamata pintar Google Glass untuk mengetahui alat apa saja yang digunakan di dalamnya dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu unit perangkat Google Glass. Mengejutkannya, biaya pembuatan satu unit Google Glass tidak sampai Rp1 juta, sedangkan Google menjualnya seharga Rp17 juta.



Mengutip PhoneArena, Jumat (2/4/2014), pembongkaran perangkat Google Glass versi 16GB dilakukan pada April 2014. Dari pembongkaran Google Glass tersebut didapatkan jeroan kacamata pintar itu terdiri dari layar sentuh di sebelah kanan frame, baterai, kamera, konektifitas, SDRAM, prosesor, audio, dan perangkat non-elektrik lainnya. Jika dihitung-hitung, total seluruh komponen yang dibutuhkan ditambah dengan biaya pengerjaan hanya membutuhkan USD79,78.



Jika dibandingkan dengan harga jual Google Glass yang dibanderol Rp17 juta, itu artinya Google menaikkan harga hingga 95 persen dari harga produksi. Yang mana Google melakukan kenaikan harga yang sangat tinggi untuk membayar ide dan inovasi dari para pengembangnya.



Tak hanya itu, media di China pun mengatakan biaya produksi Google Glass tersebut masih bisa ditekan lagi dari Rp900 ribuan. Perakitan Google Glass diklaim bisa dibuat dengan modal Rp350 ribu. Namun rupanya Google ingin memberikan harga mahal atas ide dan inovasi yang dilakukan oleh pengembangnya. (amr)




Dijual Rp17 Juta, Biaya Produksi Google Glass Cuma Rp900 Ribu Reviewed by agus jasadh on 13:13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan

All Rights Reserved by catatan mas jasadh © 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.