Decak Kagum Menristek Gusti M. Hatta terhadap Sosok BJ. Habibie

jasadh

Menristek Gusti Muhammad Hatta (foto: Feri Usmawan/Okezone) Menristek Gusti Muhammad Hatta (foto: Feri Usmawan/Okezone) JAKARTA - Siapa yang tak kenal Bacharuddin Jusuf Habibie, atau yang lebih dikenal dengan BJ Habibie? Presiden Republik Indonesia ketiga, sekaligus mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) pertama ini ternyata menjadi sosok yang sangat inspiratif bagi Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia saat ini, Gusti Muhammad Hatta.



Bagi Gusti, BJ Habibie adalah bapak teknologinya Indonesia. "Beliau itu bagi saya sebagai Bapak Teknologi. Orang yang sangat berjasa kepada negara kita. Betapa Indonesia terangkat karena beliau," kata pria kelahiran Banjarmasin, Kalimatan Selatan tersebut memandang orang pertama yang menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi.



Salah satu yang dikagumi oleh Menristek terhadap Habibie adalah rasa nasionalismenya yang dinilai sangat tinggi, yang dianggapnya sangat mencintai tanah airnya sendiri. "Yang saya kagum, orang Jerman mau menampung beliau di sana dengan gaji besar dan kedudukan tinggi, tapi rasa terikatnya beliau dengan negara kita ini yang membuatnya pulang ke Indonesia," kata Gusti membanggakan pria yang menjabat sebagai Menristek sejak 1978 hingga 1998 tersebut.



Ia menambahkan, orang yang begitu mencintai negara Indonesia seperti Habibie adalah orang-orang yang langka. Dirinya juga menganggap, Indonesia beserta warganya harus banyak-banyak berterima kasih kepada Presiden Indonesia ketiga tersebut. Gusti menganggap, Habibie sebagai aset yang sangat berharga bagi negara Indonesia.



Bergairahnya Industri Pesawat Terbang
Berbicara mengenai industri pesawat terbang di Indonesia, Gusti menilai Indonesia sedang membangun kembali perindustrian pesawat terbang yang dulu sempat runtuh. Tenaga-tenaga ahli yang dulu sempat 'kabur' ke luar negeri mulai dihimpun kembali untuk menguatkan industri pesawat terbang Indonesia.



Tak sampai di situ, Kementerian Riset dan Teknologi pun berupaya dalam menyediakan serta menciptakan tenaga ahli di bidang tersebut.



"Kita sendiri terus mendukung. Misalnya diperlukan tenaga ahli untuk pengembangannya, kita sediakan beasiswa bagi siapa yang mau sekolah di ITB atau luar negeri yang berkaitan dengan pesawat terbang. Kita support terus," ujar Gusti, saat berbicara santai dengan tim tekno.okezone.com.

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon